Asian Para Games 2018

Asian Para Games 2018 Siap 100 Persen

Rendy Renuki H    •    04 Oktober 2018 19:52 WIB
asian para games
Asian Para Games 2018 Siap 100 Persen
Menko PMK, Puan Maharani (tengah) didampingi ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari (tiga dari kiri), Menpora Imam Nahrawi (tiga dari kanan), dan Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita (dua dari kiri) (foto: Medcom.id/Rendy Renuki)

Jakarta: Ajang multievent empat tahunan disabilitas, Asian Para Games 2018, telah siap 100 persen digelar. Hal itu ditegaskan Ketua Dewan Pengarah Asian Para Games 2018, Puan Maharani, usai menggelar briefing pemantapan penyiapan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 dengan sejumlah stakeholder, Kamis 4 Oktober.

Sesuai jadwal, Asian Para Games 2018 akan dibuka pada Sabtu 6 Oktober mendatang. Ajang yang mempertandingkan 18 cabang olahraga dan diikuti oleh 42 negara se-Asia itu akan berlangsung hingga 13 Oktober mendatang.

"Seluruh persiapan sudah siap 100 persen. Kesiapan venue, transportasi, wisma atlet, keamanan penyelenggaraan pertandingan sudah disiapkan oleh panitia," tegas Puan yang juga menjabat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada pertemuan di Ruang Heritage, Kemenko PMK, Jakarta.

Baca juga: Tiket Pembukaan Habis, INAPGOC akan Tambahkan Kuota 

Hal itu diamini oleh Ketua Panitia Penyenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari. Menurutnya, persiapan Asian Para Games 2018 bahkan mendapatkan apresiasi tinggi dari Komite Paralimpik Internasional (IPC).

"Asian Para Games 2018 ini persiapan waktunya cuma satu bulan pas setelah Asian Games 2018. Karena setelah penyelenggaraan Asian Games, kita belum boleh bergerak dahulu. Tapi persiapan ini sudah cukup matang," kata pria yang karib disapa Okto tersebut.

"Saya baru saja dari pertemuan paralimpik komite dunia. Kita melaporkan persiapan INAPGOC dan Alhamdulillah kita mendapatkan apresiasi dan beberapa rekor. Mulai dari jumlah peserta, nomor pertandingan yang akan dipertandingkan," sambungnya.

Dari segi prestasi, Chief de Misson (CdM) Asian Para Games 2018 Arminsyah mengatakan para atlet pun sudah siap tampil memberikan yang terbaik. Bahkan ia optimistis kontingen paralimpian Indonesia bisa mencapai target minimal 16 medali emas yang diusung pemerintah.

Baca juga: Menpora Tetap Optimis Meski Atlet Indonesia tak Lolos Klasifikasi

"Semua sudah siap tampil, mereka itu sudah berlatih lama, tinggal gas pol saja. Target mudah-mudahan bisa tercapai, seperti apa kata presiden begitu kan target kita mungkin nembus delapan besar, lalu jika terpeleset bisa nembus enam atau mungkin tembus empat besar," kata pria yang juga menjabat Wakil Jaksa Agung ini.

Sementara dari segi jalur transportasi, Kementerian Perhubungan memastikan Asian Para Games masih akan memakai skema yang sama dengan Asian Games. Di mana masih akan diberlakukan aturan ganjil-genap dan rekayasa lalu lintas di beberapa titik yang menjadi pusat perhelatan acara.

"Lalu lintas saat Asian Para Games 2018 berlaku sama seperti Asian Games 2018 yakni diberlakukan ganjil-genap. Rekayasa lalu lintas juga masih sama dilakukan di sekitar area GBK, beberapa venue lain, serta wisma atlet," terang Bambang Prihartono, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan

Video: Atlet Panahan Asian Para Games Optimistis Raih Emas