Sukmalindo 2016

Dramatis, Tim Voli Putri Indonesia Bungkam Malaysia

Krisna Octavianus    •    24 September 2016 02:16 WIB
olahragavoli
Dramatis, Tim Voli Putri Indonesia Bungkam Malaysia
Tim Voli Indonesia di ajang Sukmalindo 2016 (Foto: MTVN/Krisna Octavianus)

Metrotvnews.com, Kuala Terengganu: Tim voli putri Indonesia berhasil membungkam Malaysia lewat pertandingan ketat lima set di ajang Sukan Malaysia-Indonesia (Sukmalindo) 2016. Setelah kalah di set pertama dan ketiga, Indonesia bangkit pada set keempat dan kelima untuk memenangi pertandingan.

Malaysia tampil taktis pada set pertama, sementara pemain Indonesia yang diwakili mahasiswa dari Jakarta kurang meyakinkan. Alhasil, set pertama diambil Malaysia.

Pada set kedua, Indonesia bangkit untuk memenangi pertandingan. Skor kemenangan Indonesia cukup jauh, yakni 25-16. Akan tetapi, kemenangan mudah tampaknya menjadi bumerang bagi tim pada set ketiga. Pasalnya, mereka justru lengah dan kalah 17-25 pada set ketiga. Malaysia unggul menjadi 2-1.

BACA: Tim Bulu Tangkis Indonesia Menumbangkan Malaysia di Ajang Sukmalindo

Tak mau kalah begitu saja, tim pelatih voli Indonesia mengganti strategi dengan menginstruksikan pemain agar lebih ke belakang untuk menerima serangan lawan pada set keempat. Hasilnya gemilang, mereka berhasil menang jauh 25-16 untuk memaksakan dipertandingkan set terakhir.

Momentum pada set keempat tak disia-siakan oleh anak-anak asuhan Imam Ashari. Mereka menekan dan menyudahi perlawanan Malaysia pada set kelima dengan skor 15-10. Hasil ini membuat Indonesia berhak atas gelar di cabang olahraga voli. 

"Syukur alhamdulilah kita dapat kemenangan, apalagi cukup dramatis ya pertandingan tadi. Sempat khawatir karena set ketiga kalah, tapi set keempat dan kelima bisa kita ambil," ujar Imam kepada Metrotvnews.com, Jumat (23/9/2016).

BACA JUGA: Tim Takraw Indonesia Takluk dari Malaysia

"Set kedua menang mudah, hal itu yang membuat set ketiga lengah dan mental kita agak jatuh. Tapi bersyukurnya kita bisa bangkit dan menang," lanjut pelatih yang kini menangani tim U-13 Jakarta.

"Kemenangan ini bagus, apalagi ini mahasiswa baru semua, semoga bisa jadi modal bagus untuk ke depannya, pengalaman bertanding yang bagus dan ke depannya bisa bermain lebih dewasa lagi. Tapi untuk perhelatan ini tak ada training camp (TC), padahal kalau ada TC bisa makin kompak kita," harap Imam.

Sebagai informasi, Sukmalindo adalah wadah pertandingan persahabatan mahasiswa Indonesia dengan Malaysia. Sukmalindo sudah diselenggarakan sejak 2008 dan tahun ini menjadi gelaran kesembilan antara dua negara serumpun.

Video: Jabar-DKI Berbagi Emas di Cabor Sepatu Roda

 


(ACF)