PON 2016

IKASI Berharap Bisa Temukan Bibit Anggar Berprestasi di Ajang PON

Patrick Pinaria    •    24 September 2016 22:18 WIB
pon 2016
IKASI Berharap Bisa Temukan Bibit Anggar Berprestasi di Ajang PON
Ketua Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI), Agus Suparmanto (kedua dari kiri) pada acara Pembukaan PON XIX 2016 Cabang Olah Raga Anggar di Hotel Haris Bandung, Jum'at (23/9/16) (Foto Istimewa/KOI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) terus berupaya menemukan bibit-bibit baru berpotensi untuk berkancah di level internasional. Salah satu upayanya adalah mencari bakat-bakat tersebut di ajang PON XIX/2016.

Pernyataan tersebut diutarakan oleh Ketua Umum PB Ikasi, Agus Suparmanto dalam acara pembukaan Cabor Anggar di Hotel Harris, Bandung, Sabtu 24 September. Ia percaya dapat menemukan atlet-atlet bakat tersebut pada ajang PON kali ini.

Seperti diketahui, cabor anggar PON 2016 diikuti oleh para atlet dari 25 provinsi. Mereka akan melakoni 16 nomor pertandingan yang akan berlangsung selama enam hari. Nantinya, masing-masing peserta akan dibagi ke dalam beberapa kategori seperti kelas Floret, Sabel, dan Degen.

“PON ini merupakan pertandingan yang sangat penting, karena kita melihat atlet-atlet daerah dikumpulkan, sehingga kami bisa melihat kemampuan dari berbagai daerah secara langsung,” ujar Agus.

“Oleh karena itu, saya berharap para atlet yang bisa berprestasi pada ajang ini dapat terus ditingkatkan hingga masuk ke ajang Sea Games dan Asian Games. Sebab, kami akan memilih atlet-atlet ke dalam tim nasional dari ajang ini," tambahnya.

Berbagai upaya lain juga sudah dilakukan PB IKASI untuk melahirkan sejumlah atlet berprestasi. Di antaranya adalah melakukan ikatan kerja sama dengan federasi anggar di Korea, memberikan kesempatan para atlet menjalani latihan di luar negeri, serta memperbanyak pertandingan anggar di Indonesia.

"Kami juga sudah menerapkan sejumlah program untuk usia dini. Dimulai dari usia 15 tahun sampai 18 tahun. Oleh karena itu, kami optimistis akan dapat menghasilkan atlet baru yang dapat mengharumkan nama baik bangsa," tutur Agus. 


(PAT)