Tour de Singkarak 2018

Pimpin Klasemen Sementara, Pembalap Australia Enggan Jemawa

Kautsar Halim    •    08 November 2018 06:34 WIB
tour de singkarak
Pimpin Klasemen Sementara, Pembalap Australia Enggan Jemawa
Pembalap asal Australia Jesse Ewart (Foto: Medcom.id/Zam)

Agam: Pembalap Australia, Jesse Ewart, tetap waspada meskipun masih memimpin klasemen sementara klasifikasi individu umum Tour de Singkarak 2018. Apalagi, setelah dia gagal bersaing pada etape 4 yang mengambil rute Kota Padang - Kabupaten Agam, Rabu 7 November.

Etape 4 memang punya tantangan lebih berat ketimbang tiga etape sebelumnya. Sebab, turun hujan deras dan kabut tebal ketika para pembalap melalui Kelok 44 yang berpanorama indah dan memiliki tanjakan mematikan. 

"Kelok 44 sangat indah, tapi sangat sulit ditanjak. Terlebih lagi tadi hujan yang membuat ban jadi licin. Kendati demikian, adanya tantangan seperti ini membuat balapan jadi menarik. Saya harap panitia bisa mempertahankan keseruan ini," kata Ewart setelah menyelesaikan etape 4. 

Ewart yang tergabung dengan tim Sapura Cycling (Malaysia) finis di urutan ke-23 saat melewati garis finis etape 4 di puncak Ambun Pagi. Waktu yang dilahapnya saat itu, mencapai 3 jam 56 menit dan 36 detik. 

Meski tertinggal, Ewart tetap memimpin klasemen sementara klasifikasi individu umum dengan total waktu 15 jam 51 menit dan 36 detik. Jumlah itu hanya berselisih dua detik saja dengan Ariya Phounsavath dari Thailand yang berada di bawahnya.

"Masih memungkinkan bagi saya untuk jadi juara. Tapi perjalanan masih jauh dan saya enggan sesumbar. Saya hanya bisa katakan bahwa perjuangan hari ini benar-benar berat, tapi syukurnya masih bisa bertahan," tutup Ewart. 

Ewart mampu bertahan di puncak klasemen sementara karena finis cukup jauh dengan para rivalnya pada etape ketiga (Kabupaten Solok - Tanah Datar). Tren positif ini bisa saja berakhir apabila Ewart kembali gagal bersaing pada etape kelima yang memiliki rute sejauh 170,5 kilometer (Limapuluh Kota - Pasaman).

Tim Angkat Besi RI Dapat Empat Kuota di Olimpiade 2020



(FIR)