Jelang PON 2020 Papua

Menpora Minta PON Prioritaskan Cabor Olimpiade

Kautsar Halim    •    06 Maret 2019 15:41 WIB
olahragatuan rumah pon 2020berita kemenporapon 2020
Menpora Minta PON Prioritaskan Cabor Olimpiade
Menpora Imam Nahrawi sedang meladeni pertanyaan wartawan. (Foto: Zam/Medcom.id)

Jakarta: Menpora Imam Nahrawi meminta cabang olahraga (cabor) Olimpiade menjadi prioritas pertandingan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua. Selain itu, atlet muda juga harus diberi lebih banyak kesempatan bertanding.

Menurut Menpora, PON harus menjadi koridor pembinaan berjenjang. Oleh karena itu, PON didorong menjadi sarana atlet muda untuk mengembangkan potensi dan prestasi yang berujung pada kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia.

"Nomor (cabor) Olimpiade harus menjadi nomor satu. Dan, penyelenggaraan PON bukan semata-mata untuk PON saja, tetapi dalam rangka juga untuk penjenjangan atlet junior," ungkap Imam di Jakarta seperti dilansir Media Indonesia.
 

Klik: Menpora Bakal Melayat ke Rumah Duka Atlet Baseball Ramon Setiyono


Imam menambahkan, penyelenggaraan PON secara rutin juga untuk percepatan pembangunan infrastruktur. Sebab, tuan rumah dituntut memiliki fasilitas event yang memadai, misalnya venue atau gelanggang olahraga.

"Olahraga dan menggerakkan perekonomian daerah," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KONI Pusat Tono Suratman sempat mengatakan PON 2020 akan mempertandingkan 46 cabor dan menyajikan 766 nomor pertandingan. Eventnya akan tersebar di lima kota, yakni Jayapura, Timika, Wamena, Biak dan Merauke. (Media Indonesia)




(KAU)