Srikandi Cup 2017--2018

Merah Putih Samator Menangi Derby Jakarta

Krisna Octavianus    •    29 November 2017 08:35 WIB
basket putri
Merah Putih Samator Menangi Derby Jakarta
Calista center andalan Merah Putih Samator Jakarta (putih) mencoba menerobos ke area pertahanan lawan. (Foto: ist)

Makassar: Derby Jakarta membuka jalannya pertandingan pertama pada hari kedua Srikandi Cup Seri I yang berlangsung di GOR Flying Wheel Makassar, Sulawesi Selatan. Merah Putih Samator Jakarta berhasil mengatasi tim sesama ibu kota kontra Tanago Friesian.

Samator turun dengan lima pemain intinya Christie Rumambi, Isabelle Suryaman, Devina Euginia, Calista Elvira, dan kapten tim Dinda Putri. Sementara itu, Inggrid Patricia, Tiara Aulia Denaya, Jane Adelaide, Stella Fabiola, Sien Marthina (kapten) adalah para pemain yang diturunkan oleh pelatih Tanago, Abrizalt Hasiholan.

Tanago sebenarnya lebih mengusai jalannya pertandingan pada dua kuarter awal. Hal itu disebabkan mereka tampil lepas dibandingkan dengan sang lawan. Ditambah lagi bagusnya performa pengatur serangan Tanago yang digalang pemain bertubuh mungil nan lincah Tiara Aulia Denaya, membuat irama permainan Tanago semakin hidup. Ia pun juga berhasil mencetak 12 poin, satu assist, dan tiga steal sekaligus membawa timnya unggul 29-21 dalam dua kuarter awal.

Petaka bagi Tanago justru terjadi memasuki kuarter ketiga saat mereka secara perlahan mulai dapat dikejar oleh Samator yang mengubah strategi permainan mereka dengan sistem full court press. Bahkan pada sisa waktu kurang dari dua menit, MP Samator menyamakan kedudukan 36-36. Satu usaha penetrasi Tiara ke area pertahanan Samator pada sisa waktu kurang dari satu menit berbuah manis dengan tambahan angka menjadi 40-38. Sayanganya, saat itu juga, ia harus mengalami cedera kram dan membuat irama permainan Tanago limbung pada kuarter terakhir.

Meski kuarter keempat kejar mengejar angka kembali terjadi. Akan tetapi, momen hilangnya Tiara untuk beberapa menit pada kuarter empat membuat performa Tanago sedikit mengendur. Sebaliknya Merah Putih mulai menemukan pola permainan terbaiknya dan kembali memperagakan pertahanan yang ketat dan berbalik unggul sekaligus meraih kemenangan dalam derby Jakarta dengan skor 55-51. Isabelle Suryaman menjadi pemain pencetak angka terbanyak bagi Samator dengan koleksi 15 poin. Di kubu Tanago Tiara menjadi pemain paling menonjol dengan torehan 19 angka dan lima assist.

"Mungkin salah satu penyebab kami kalah adalah karena anak-anak kurang tenang saat sudah leading dan recovery kami kurang karena kami main terlalu larut malam pada hari kemarin. Kemudian kami banyak melakukan kesalahan yang bisa di konversi dengan baik oleh lawan," ujar Abrizalt Hasiholan, pelatih Tanago Friesian.

"Terus terang walau menang tetapi ekspektasi tentang pemain Samator pada dua game ini tidak sesuai dengan yang saya harapkan. Kami bermain sangat labil. Untungnya kami bisa memperbaiki pertahanan pada kuarter ketiga. Sementara itu, Tanago justru tampil lebih lepas, khususnya point guard mereka Tiara yang tampil gemilang di game ini," kata pelatih Merah Putih Samator, Nina Yunita.

"Bersyukur kami bisa merebut kemenangan ini. Start kami sangat jelek pada dua kuarter awal. Tapi pada kuarter ketiga kami bisa mengejar mereka. Semoga di pertandingan besok (hari ini-red) kami bermain tenang dan konsisten," ucap center Merah Putih Samator, Calista Elvira.

 


(KRS)