Asian Games 2018

PPK GBK Jamin Keamanan Listrik selama Asian Games

Riyan Ferdianto    •    16 Maret 2018 17:50 WIB
asian games 2018
PPK GBK Jamin Keamanan Listrik selama Asian Games
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) (ANTARA FOTO/Wahyu Putro )

Jakarta: Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK)  menjamin keamanan jaringan listrik serta jaringan telekomunikasi selama penyelenggaraan Asian Games 2018. Acara penutupan dan pembukaan juga dipastikan berjalan sesuai aturan yang dipenuhi. 

"Aman sekali untuk listrik dan telekomunikasi. Semua area pertandingan di GBK sudah dipersiapkan sesuai aturan yang harus dipenuhi dalam Asian Games,"kata Direktur Utama PPK GBK, WIranto. 

Keamanan jaringan listrik dan telekomunikasi sangat dibutuhkan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) demi kelancaraan bidang penyiaran. Terlebih lagi dengan adanya aturan hak siar dari Dewan Olimpiade Asia (OCA). 

Klik di sini: Menpora Dukung Promosi Pencak Silat Menjadi Ikon Indonesia

Winarto menjelaskan, insiden panel listrik yang terbakar di Hall Basket GBK saat penyelenggaraan kejuaraan uji coba Asian Games pada 10 Februari 2018 merupakan kecelakaan menyusul penggunaan jaringan kabel sementara.

"Kecelakaan panel listrik di Hall Basket terjadi karena semula
penyelenggaraan kejuaraan bola basket berlangsung di Stadion Istora Senayan dan bukan di Hall Basket," katanya

Sebelumnya, INASGOC meminta jaminan penyediaan listrik dan jaringan telekomunikasi untuk penyiaran kepada dua perusahaan negara, yakni Perusahaan Listrik Negara dan Telkom.

"Kami masih khawatir soal jaminan listrik dan telekomunikasi terutama saat upacara pembukaan dan penutupan. Kami khawatir setelah kejadian panel listrik yang terbakar di arena bola basket saat penyelenggaraan kejuaraan uji coba," kata Direktur Penyiaran INASGOC Linda Wahyudi.

Klik di sini: PBSI Kritisi Aturan Servis Baru di All England 2018

Jaminan penyediaan listrik dan jaringan telekomunikasi yang tidak terputus itu, menurut Linda, dibutuhkan para pelaku penyiaran Asian Games Ke-18 terutama stasiun-stasiun televisi yang telah mempunyai hak siar. 

Sementara, PLN Transmisi Jawa Bagian Barat telah meresmikan pengoperasian Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) di Kembangan, Jakarta Barat. Itu dilakukan guna mendukung penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games 2018.

"Peresmian pengoperasian GISTET ini untuk menjamin pasokan listrik Jakarta dan dalam rangka menghadapi ajang bergengsi bagi Indonesia yakni Asian Games 2018," kata General Manager PLN Transmisi Jawa Bagian Barat, Trino Erwin.

Trino menambahkan, proyek IBT 1 GISTET Kembangan sudah dilakukan sejak Agustus 2017. Setelah itu dilanjutkan dengan proses pada September 2017, dan selanjutnya mulai beroperasi pada 10 Maret 2018. (Ant)



Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Juara di Jepang, Kedatangan Timnas U-16 Disambut Menpora



(KAU)