Jelang Asian Games 2018

PBVSI Berburu Atlet Nasional Lewat PGN Livoli 2017

Kautsar Halim    •    22 November 2017 20:53 WIB
asian games 2018
PBVSI Berburu Atlet Nasional Lewat PGN Livoli 2017
: Pemain bola voli TNI AU Jakarta Eko Permana (12) melakukan smes dan coba diblok dua pemain Mars Kota Probolinggo Doni Kurniawan (2) dan Apriyadi (5), pada pertandingan final voli putra PGN Liga Voli Divisi Utama, di GOR Bahurekso, Kendal, Jateng. (ANTAR

Jakarta: Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) akan memantau para pemain di ajang Kejuaraan Nasional antar Klub PGN Livoli 2017. Itu dilakukan demi mendapatkan skuat yang tepat guna mengarungi Asian Games 2018.

Menurut penjelasan Ketua Bidang Kompetisi dan Pertandingan (PP PBVSI), Hanny S Surkatty, sejatinya Indonesia sudah memiliki tim voli putra dan putri. Namun pencarian bakat tetap dilakukan karena pihaknya ingin melakukan promosi dan degradasi pemain.

"Ini merupakan ajang paling bagus untuk mempersiapkan skuat pelatnas yang akan dimulai pada Januari 2018," kata Hanny dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

"Kami akan mempersiapkan pemantau bakat karena semua pemain nasional akan bertarung di sini (PGN Livoli 2017)," tambahnya.


Klik: Cabor Panjat Tebing Membidik Dua Emas di Asian Games 2018


Tim voli putra dan putri terakhir kali terbentuk untuk menyambut ajang SEA Games 2017 pada Agustus lalu. Menurut Hanny, pihaknya tidak akan melakukan perombakan secara menyeluruh, melainkan hanya sekitar 10-20 persen dari jumlah pemain yang ada.

"Perombakan hanya dilakukan untuk mencari yaang terbaik. Pertimbangannya bukan dari segi usia pemain saja, namun tergantung jam terbang juga," ujar Hanny.

Kejurnas antarklub Bola Voli PGN Livoli 2017 akan digelar di GOR Dimyati, Tangerang, Banten pada 2-9 Desember 2017. Turnamen divisi utama itu akan diikuti oleh delapan tim putra dan delapan tim putri dari segala penjuru Indonesia.


Klik: Jelang Asian Games 2018, Federasi Panjat Tebing Gelar Kejurnas


Kriteria tim yang bisa ikut Kejurnas adalah klub yang berada urutan enam besar pada pelaksanaan tahun lalu dan dua tim promosi dari Livoli Divisi 1 tahun lalu. Selain mencari pemain pelatnas, PGN Livoli ini juga berhadiah total Rp193 juta.

Selepas Kejurnas antarklub Bola Voli 2017, PBVSI juga memiliki  agenda liga bola voli (Proliga) pada awal tahun 2018. Pihak federasi bakal memajukan jadwal pelaksanaannya menjadi bulan Januari demi mengejar fokus Pelatnas Asian Games 2018. Tadinya, Proliga bakal digelar pada Februari.

"Kami sengaja memajukan jadwal Proliga karena mepetnya jadwal persiapan pelatnas Asian Games. Jadi kami rencanakan Proliga bisa selesai awal April dan tim Pelatnas bisa fokus Asian Games," tutup Hanny.

Berikut tim peserta Kejurnas antar Klub PGN Livoli 2017:

Tim Putra
- TNI AU
- Bhayangkara Samator
- Mars Kota
- Berlian
- Indomaret
- Yuso Gunadharma
- Mabes TNI Jakarta
- Surya Muda Salatiga

Tim Putri
- TNI AU
- Bank Jatim
- Alko
- TNI AL
- Mabes TNI
- Petrokimia Gresik
- PGN Popsivo Polwan
- Vita Solo

 


(ACF)