Jelang Asian Games 2018

Test Event Menembak Asian Games 2018 Digelar Februari

Kautsar Halim    •    10 November 2017 10:44 WIB
asian games
Test Event Menembak Asian Games 2018 Digelar Februari
Petembak mengikuti Kompetisi Menembak 2017 di Lapangan Tembak Perbakin Senayan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Palembang: Ajang uji coba pertandingan (test event) cabang olahraga menembak Asian Games 2018 dijadwalkan bergulir sekitar Februari 2018. Lokasinya bertempat di Arena Shooting Range Jakabaring Sport City, Palembang.

Pemimpin Tim Manajemen Konsultan Konstruksi Venue Menembak Syahril Alzahri mengatakan, uji coba dilakukan tahun depan karena arena masih dalam proses renovasi dan pembangunan.

"Saat ini progres sudah 91 persen dan sesuai kontrak harus selesai pada 10 Desember 2017, sehingga tes event pada Februari nanti dapat dilaksanakan," kata dia di Palembang, Jumat (10/11/2017).


Klik: Punya Catatan Hitam, Mike Tyson Diusir dari Cile


Dijelaskan lebih lanjut oleh Syahril, saat ini terdapat beberapa bagian bangunan yang sudah diselesaikan. Di antaranya adalah bangunan induk, gudang senjata, serta skeet and trap.


Arena Shooting Range Jakabaring Sport City, Palembang. (Foto: Dwi Apriani)


Setelah direnovasi, lintasan menembak jarak 25 meter yang tadinya hanya menampung 32 peserta bisa dimainkan langsung oleh 64 penembak. Kemudian, lintasan menembak jarak 50 meter juga jadi bisa menampung hingga 60 penembak.

"Yang cukup memakan waktu adalah pembangunan skeet and trap. Sampai saat ini saja pembangunannya baru mencapai 77 persen. Ini wajar, sebab pengerjaannya berada diatas lahan rawa sehingga teknis penimbunan dan sebagainya memakan waktu," kata dia.


Klik: Anggia/Ketut Beberkan Kunci Sukses Lolos ke 8 Besar


Selain persoalan teknis penimbunan, pembangunan skeet and trap juga terkendala dengan adanya pergantian desain. Jika sebelumnya skeet and trap direncanakan berbentuk tribun, namun desain itu bakal diubah menjadi seperti lounge di bandara.

"Biar lebih ekslusif, nantinya kami juga akan pasang kaca sebagai pembatas," tutup Syahril.

Pembangunan dan renovasi Arena Shooting Range Jakabaring Sport City dipercayakan pengerjaannya kepada PT. Nindya Karya. Dana yang dikucurkan untuk proyek itu mencapai Rp80 miliar. (ANT)

 


(KAU)