Pemuda Inspiratif Berlangsung Meriah di Padang

Rendy Renuki H    •    23 September 2018 06:11 WIB
berita kemenpora
Pemuda Inspiratif Berlangsung Meriah di Padang
Para peserta yang berhasil lolos ke babak final kompetisi Pemuda Inspiratif 2018 (Dok. Kemenpora)

Padang: Setelah bergulir di Lhokseumawe, Banda Aceh, serta Bukittingi, perjalanan kompetisi Pemuda Inspiratif yang menjadi salah satu program Kementerian Pemuda dan Olahraga ini berlanjut di Kota Padang. Bertempat di pelataran Gor H. Agus Salim, Pemuda Inspiratif yang digelar pada 22-23 September berlangsung meriah. 
 
Pada hari pertama Sabtu 22 September, ratusan peserta dengan berbagai ide kreatif memaparkan konsepnya. Para tim juri yakni Revi Nilan Sari, Edo Afrinaldi, dan Cut Dona Kordelia  pun dibuat kesulitan menilai konsep yang realistis dan menginspirasi. Meski demikian, terpilihlah 10 putra dan 10 putri dengan konsep terbaik melaju ke babak final yang akan diadakan pada Minggu 23 September. 
 
Salah satu peserta yang lolos ke babak final adalah Roby Rimeldo. Ide yang dikemukakan adalah mengenai bidang kewirausahaan. Dengan konsep yang sudah berjalan sejak 2012, Roby menerangkan bahwa dia telah mampu mengubah limbah abu batu bara untuk menjadi sebuah kerajinan yang memiliki nilai jual. 
Tak hanya sekedar konsep, Roby mengungkapkan bahwa dia telah mampu membuka lapangan pekerjaan untuk orang disekitarnya dan mampu menginspirasi masyarakat sekitar. Dia pun mengatakan bahwa kompetisi ini merupakan gelaran yang sangat positif untuk pemuda Padang.
 
"Saya berharap setiap tahun gelaran seperti ini tetap diselenggarakan. Karena Pemuda Inspiratif ini memberikan panggung untuk pemuda pemuda unuk mengembangkan ide kreatifnya," ujar Roby. 
 
Setelah pemaparan konsep oleh ratusan peserta, pada malam hari digelar opening ceremony yang dihadiri oleh Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang Azwin, SH, MA. Dalam seremonial Azwin melakukan penyematan kain khas Sumatera kepada perwakilan finalis yang telah terpilih dari seleksi.
 
Pada kesempatan tersebut, Azwin  menyampaikan bahwa  gelaran Pemuda Inspiratif merupakan wadah bagi pemuda Padang untuk menujukan ide ide kreatifitasnya.

"Kompetisi ini saya harap juga akan menjadi tolak ukur bagi pemuda Padang untuk terus berkembang menuju masa depan yang lebih baik. Dengan adanya Pemuda Inspiratif ini juga menujukan bahwa kota Padang punya potensi yang tidak kalah dengan kota kota besar lain," ujarnya. 
 
Suasana di venue semakin meriah dengan penampilan beberapa pengisi acara seperti Capoeira, Stand-up Comedy, serta magician. Puncaknya, penonton dibuat terhibur dengan penampilan Ready Steady band. 
 
Hari ini, akan berlangsung final kompetisi Pemuda Inspiratif di Padang. Rencananya, penutupan kegiatan ini akan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Selain menutup acara, Gubernur Sumbar juga akan tampil dengan band iPe Band sebagai pengisi acara. 

 



(REN)