Asian Para Games 2018

Mengenal Cabor Boccia di Asian Para Games 2018

Riyan Ferdianto    •    22 September 2018 13:32 WIB
asian para games
Mengenal Cabor Boccia di Asian Para Games 2018
Olahraga Boccia (Foto: Antara/AGUS SETIAWAN)

Jakarta: Nama cabang olahraga boccia mungkin masih asing di dunia olahraga Indonesia. Tetapi tahu kan Anda, boccia adalah salah satu olahraga yang akan dipertandingkan pada ajang Asian Para Games 2018.  

Boccia merupakan permainan stategi dan ketepatan dan dirancang untuk penyandang cerebral palsy atau  gangguan otot dan syaraf. 

Pada olahraga boccia terdapat tiga nomor pertandingan yang akan diperlombakan, yakni individu, pasangan, dan beregu. Para pemainnya terdiri dari tiga orang, yaitu BC 1 (1 orang) dan BC2 (dua orang). Untuk nomor individu, ada empat kategori pertandingan, yakni BC1, BC2, BC3, dan BC4.

Klik di sini: Imbas Ludahi Lawan, Winger Juventus Dicoret dari Timnas Brasil

Cara bermain dari olahraga ini, yaitu melempar bola dengan tujuan mencapai atau mendekati satu target atau titik. Bolanya sendiri terdiri dari tiga warna, putih, merah, dan biru.

Bola putih disebut dengan bola Jack yakni sasaran lempar bola merah dan enam bola biru yang dipegang tim. Tim yang memperoleh poin adalah yang hasil lemparan bolanya paling mendekati bola Jack.

Artinya, semakin dekat jarak bola dengan sasaran, maka semakin besar pula kesempatan untuk memenangi pertandingan.

Dan jarak bola tersebut dihitung menggunakan alat ukur yang berbentuk seperti jangka. Atlet yang bertanding melakukan lempar bola secara bergantian. Durasi permainannya juga berbeda di setiap nomor, empat menit untuk individu, lima menit untuk pasangan, dan enam menit untuk beregu.

Olahraga boccia dapat dilakukan di atas lapangan yang berukuran 12,5 meter x 6 meter. Khusus untuk atlet kursi roda, area lapangannya 2,5 meter, dan sisanya 10 meter untuk area pertandingan.

?Video:Laga Persib vs Persija Batal Diundur