ASEAN Para Games 2017

Kekecewaan Menpora Terobati dengan Prestasi ASEAN Para Games 2017

Kautsar Halim    •    23 September 2017 00:15 WIB
asean para games
Kekecewaan Menpora Terobati dengan Prestasi ASEAN Para Games 2017
Menpora Imam Nahrawi memberikan semangat kepada kontingen ASEAN Para Games 2015 di Solo.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengapresiasi pencapaian kontingen Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2017. Ia mengaku sangat bersyukur karena kekecewaannya di ajang SEA Games 2017 bisa terbalaskan.

Kontingen Indonesia memastikan diri menjadi juara umum ASEAN Para Games ketika event masih tersisa sehari lagi atau pada Jumat 22 September. Gelar itu mereka dapatkan karena sudah berhasil mengumpulkan 117 emas, 69 perak dan 46 perunggu.

Malaysia yang berstatus sebagai tuan rumah dan sedang bertengger di urutan kedua dipastikan tidak mampu menyalip torehan medali Indonesia. Pasalnya, event perebutan medali hanya tersisa 19 nomor, dan koleksi emas yang mereka miliki baru sebanyak 89 keping.

“Alhamdulillah, Indonesia Juara. Kita berhasil mencapai misi utama di ASEAN Para Games 2017 dengan merebut kembali tahta sebagai juara umum," ujar Imam dalam rilis Kemenpora yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (22/9/2017)/

"Bagi saya, kemenangan ini seperti menebus sekaligus mengobati kegagalan dalam SEA Games 2017," tambahnya.


Klik: Rhino X-Tri Jadi Pemanasan Asian Games 2018


Dominasi Indonesia di ajang ASEAN Para Games sudah terlihat sejak hari pertama penyelenggaraan. Setelah itu, mereka juga sempat menjadi juara umum cabang olahraga angkat besi dan juga bulu tangkis.

"Mentalitas sebagai pemenang sesungguhnya telah ada dalam diri mereka saat mereka berjuang mengalahkan keterbatasan, menolak menyerah, memilih menjadi dan menjadi pahlawan olahraga bagi Indonesia. Saya salut dan bangga dengan kemenangan yang sepenuhnya diraih dengan cara sportif,” papar Imam.

Berbeda nasib dengan hasil SEA Games 2017, kontingen Indonesia malah gagal mencapai target untuk bertengger di posisi empat pengoleksi medali terbanyak. Saat itu, Indonesia harus terima finis di urutan lima dengan karena hanya mampu mengoleksi 38 emas, 63 perak dan 90 perunggu.


Klik: Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2017


Sebagai apresiasi nyata terhadapi para atlet Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2017. Rencananya Imam juga akan menyambut langsung kedatangan mereka ketika tiba di Tanah Air. Selain itu, ia juga bakal merealisasikan  bonus yang telah dijanjikan sebelumnya.

"Insya Allah saya akan sambut para pahlawan olahraga kita. Presiden Joko Widodo telah mewanti-wanti kepada saya untuk memberikan bonus yang sama dengan atlet SEA Games sebagai bentuk perhatian penuh pemerintah," pungkas Imam. (RO)

 


(ACF)