Rhino X-Tri, Kejuaraan Triathlon Pertama di Jalur Offroad

Rendy Renuki H    •    15 September 2017 10:00 WIB
olahraga
Rhino X-Tri, Kejuaraan Triathlon Pertama di Jalur Offroad
Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) saat launching Rhino X-Tri di Kantor Kemenpar (5/9) lalu (istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rhino Cross Triathlon (Rhino X-Tri) akan mengadakan kejuaraan triathlon pertama di Indonesia yang digelar di jalur offroad pada 22-24 September mendatang. Ajang yang melombakan cabang olahraga renang, balap sepeda, dan lari ini akan berlangsung di Tanjung Lesung, Banten, itu menargetkan diikuti oleh 300 peserta.

Event Director Rhino X-Tri, Tense Manalu, mengatakan perbedaan ajang ini dari lomba triathlon lainnya terdapat pada medan yang bakal dilalui para peserta. Pasalnya, pada umumnya perlombaan triathlon kebanyakan diadakan di medan aspal.

Sedangkan di Rhino X-Tri ini, para atlet akan menempuh perlombaan melintasi tantangan pesona alam Tanjung Lesung. Para atlet akan berenang di laut bebas, balap sepeda di hutan, dan berlari di pesisir pantai.

(Baca: NPC Indonesia Puji Dukungan Kemenpora)


“Medan di Tanjung Lesung ini bukan aspal, itu bedanya. Cross itu menunjukkan bahwa medannya bukan aspal, medannya bebatuan, hutan, pasir dan sawah. Jadi itu pasti akan menyulitkan peserta,” kata Tense.

Ia mengatakan Rhino X-Tri 2017 bakal dibagi menjadi dua bagian. Untuk jarak jauh peserta akan berenang di laut lepas sepanjang 1.000 meter, bersepeda sejauh 20 km dan berlari 10 km. Sedangkan untuk jarak dekat, jarak berenang mencapai 500 meter, 10 km bersepeda dan 5 km lomba lari.

Ajang yang resmi dilauching Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya awal September lalu ini pun akan diikuti atlet nasional mountain bike (sepeda gunung), Kusmawati Yazid. Ia pun mengatakan penasaran dengan peta persaingan di ajang triathlon yang baru pertama kali digelar di Indonesia ini.

"Persaingan di lomba nanti belum tahu, sepertinya atlet dari luar negeri juga turut meramaikan event ini. Rhino X Triathlon ini memberi sesuatu yang berbeda dibandingkan triathlon biasa," ungkapnya.

Video: PB PASI Dukung Kemandirian Atlet
 


(REN)