SEA Games 2017 Cabor Angkat Besi

Eko Yuli Dikalahkan Lifter 22 Tahun

Kautsar Halim    •    28 Agustus 2017 19:17 WIB
sea games 2017
Eko Yuli Dikalahkan Lifter 22 Tahun
Eko Yuli (Istimewa)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Lifter terbaik Indonesia Eko Yuli Irawan kali ini harus puas meraih medali perak di ajang SEA Games 2017 yang dihelat di Malaysia. Eko dikalahkan lifter muda Vietnam Trinh Van Vinh, yang baru berusia 22 tahun.

Bertanding di Aula 1 Malaysia International Trading and Exhibition Center (MITEC), Senin 28 Agustus, Eko mendapat nomor urut kedua unjuk kebolehan. Kesempatan itu langsung dimanfaatkan Eko untuk memimpin angkatan snatch.

Hasil angkatan snatch Eko seberat 140 kilogram. Torehan itu baru didapat secara bertahap setelah melakukan angkatan pertama seberat 135kg dan angkatan kedua 138kg. Keempat rivalnya tidak mampu menandingi angkatan snatch Eko, termasuk Vinh yang keluar sebagai juara.

Baca juga: Jonathan Cristie Satu-satunya Harapan Mendulang Emas

Vinh baru berhasil mengungguli Eko ketika melakukan angkatan clean & jerk. Eko hanya mampu mengangkat beban maksimal seberat 166kg, sementara Vinh bisa mencapai 172kg. Torehan itu bahkan didapat Vinh lewat dua percobaan angkatan saja. 

Hasil angkatan clean & jerk tentu sangat berpengaruh terhadap total angkatan yang telah dilakukan masing-masing peserta. Pasalnya, Vinh langsung bertengger di urutan pertama dengan nilai 307 kg, sedangkan Eko berada di bawahnya dengan selisih 1kg. 

Tidak ada peserta lain yang bersaing ketat, selain Eko dengan Vinh di kelas 62kg putra. Pasalnya, Mynt Kyi lifter asal Myanmar yang meraih perunggu memiliki total angkatan 284kg. 

Selain meraih emas, hasil angkatan snatch dan angkatan total Vinh telah memecahkan rekor SEA Games, yang sebelumnya dipegang Eko. Kendati demikian, Eko juga telah memperbaharui rekor lamanya lewat angkatan clean & jerk.

Video: Lifter Surahmat Sumbang Medali Perak untuk Indonesia
 


(RIZ)