Kejuaraan Bola Voli Asia 2017

Timnas Bola Voli Putra Indonesia Tantang Korsel di Perempat Final

Kautsar Halim    •    26 Juli 2017 23:13 WIB
voli
Timnas Bola Voli Putra Indonesia Tantang Korsel di Perempat Final
Para pemain Timnas Voli Putra Indonesia (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Gresik: Tim bola voli putra Indonesia berhasil melaju babak delapan besar Kejuaraan Bola Voli Asia ke-19. Tren positif itu mereka raih setelah menaklukkan Qatar dengan skor, 3-2 (24-26, 14-25, 25-20, 25-21) di GOR Tri Dharma Petrokimia, Gresik, Rabu 26 Juli.

Agung Seganti dan kawan-kawan  berhak melangkah ke perempat final karena menyelesaikan fase penyisihan  dengan status runner up grup A. Mereka berhasil mengumpulkan enam poin atau hanya berselisih satu poin dengan Kazakhstan yang berada di urutan teratas.

Sebelum menaklukkan Qatar, timnas voli Indonesia sempat menang 3-1 atas Malaysia dan dipaksa menyerah oleh Kazakhstan dengan skor, 2-3. Jadi, laga kontra Qatar merupakan pertarungan hidup mati pada fase penyisihan.

Klik di sini: Persiapan Penuh Rintangan, Tim Ski Air Indonesia Pantang Mundur

Berhubung menjadi laga penentu, pertarungan Indonesia dan Qatar memang berlangsung sengit. Kedua tim tak pernah berselisih jauh dan laga pun harus dimainkan hingga set kelima. Beruntung, Indonesia tampil lebih konsisten ketika memainkan set pamungkas.

Seusai laga, Nanang Masbudi selaku manajer timnas langsung memberikan apresiasi kepada anak-anak asuhnya. Ia mengatakan, kemenangan atas Qatar merupakan bukti bahwa Indonesia bisa berprestasi.

"Kami mengapresiasi para pemain yang bermain sesuai instruksi pelatih, dan ini membuktikan jika Indonesia masih bisa berbicara pada kejuaraan voli tingkat Asia," ujar Nanang dalam rilis PBVSI yang diterima Metrotvnews.com.  

Klik di sini: GP Hungaria Jadi Peluang Terbaik McLaren Tambah Poin

Sementara itu, pelatih timnas Samsul Jais mengutarakan komentarnya seputar strategi yang diterapkan. Ia mengklaim memang sengaja membiarkan Qatar unggul lebih dulu pada set pertama dan kedua. Itu sebagai upaya dalam menguras stamina lawan.

"Ternyata strategi itu berhasil diterapkan. Para pemain sudah bermain sesuai intstruksi, dan ini bisa dijadikan landasan untuk bisa meraih medali emas pada SEA Games nanti di Malaysia," kata Samsul.

Selanjutnya, timnas bola voli Indonesia akan ditantang juara dari grup C, Korea Selatan. Tim Negeri Gingseng itu menaklukkan Jepang dengan skor 2-3 (22-25, 25-21.

Komisi X Ingatkan Akuntabilitas dan Efisiensi Anggaran Asian Games
 


(FIR)