Asian Para Games 2018

Jendi Pangabean Tambah Perolehan Emas Indonesia

M. Rizky Adhestian    •    11 Oktober 2018 19:41 WIB
Asian Para Games
Jendi Pangabean Tambah Perolehan Emas Indonesia
Jendi Pangabean usai mencatatkan waktu terbaik di nomor renang Asian Para Games 2018 (Foto: medcom.id/M. Rizky Adhestian)

Jakarta: Perenang Indonesia, Jendi Pangabean, kembali menyumbang medali Asian Para Games 2018 lewat cabang olahraga para renang. Setelah sebelumnya menyumbang perunggu, kali ini ia menyumbang emas pada Kamis 11 Oktober.

Medali emas diraih Jendi saat turun di nomor gaya punggung 100 meter putra kelas S9 dengan catatan waktu 1 menit 7,45 detik. Ia mengalahkan tujuh perenang lainnya dalam nomor tersebut.

Medali perak pada nomor ini diraih wakil Tiongkok Luo Qingquan (1:08:59). Adapun, atlet Korea Kwon Yonghwa meraih medali perunggu dengan catatan waktu 1 menit 11,12 detik.
 

Baca: Sumbangan Dua Medali dari Atlet Para Angkat Besi


Bagi Jendi, ini adalah medali kedua yang diraihnya pada Asian Para Games 2018. Sebelumnya, ia meraih perunggu pada nomor 100 meter gaya bebas putra kelas S9. Ini berarti, Jendi sudah mengantongi bonus sebesar Rp1,75 miliar. Rinciannya, Rp1,5 miliar untuk medali emas dan Rp250 juta untuk medali perunggu.

Tambahan emas dari Jendi membuat Indonesia kini mengoleksi 24 medali emas. Namun, hasil ini belum mampu mengubah posisi Indonesia di klasemen sementara medali. Indonesia masih terpaku di posisi enam, terpaut lima medali emas dari Uzbekistan di tempat kelima.

Meski demikian, raihan ini sejatinya sudah melampaui target yang dibebankan pemerintah. Sebelum Asian Para Games 2018 digelar, atlet-atlet disabilitas Indonesia ditargetkan menduduki posisi tujuh besar di akhir kompetisi. Adapun, medali emas yang ditargetkan adalah 16 emas.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Ni Made Arianti Tambah Perak dari 400 Meter Putri



(ACF)