Kemenpora Buka Beasiswa untuk Pemuda Berprestasi

Daviq Umar Al Faruq    •    05 November 2018 17:34 WIB
kemenporaberita kemenpora
Kemenpora Buka Beasiswa untuk Pemuda Berprestasi
Menpora Imam Nahrawi. (Foto: medcom.id/Daviq Umar)

Malang: Kementerian Pemuda dan Olahraga memberi kesempatan kepada para pemuda berprestasi di seluruh Tanah Air untuk melanjutkan studi jenjang S2. Kemenpora membuka program beasiswa di 15 perguruan tinggi.

Program tersebut bernama Beasiswa Pendidikan S2 Pemuda Berprestasi. Beasiswa ini terdiri dari biaya pendidikan dan pungutan akademis wajib. Hanya saja, biaya hidup dan biaya lainnya tidak ditanggung dalam beasiswa ini.

Menpora Imam Nahrawi mengatakan, beasiswa ini terbuka bagi para pemuda yang aktif dalam pergerakan. Salah satunya pemuda yang aktif di Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP).

"Itu lebih banyak kepada akomodasi terhadap aktivis pergerakan, aktivis, OKP, teman-teman kreatif itu kita berikan jenjang pendidikan kepemimpinan di level program S2," kata Imam di Malang, Senin 5 November 2018.

Baca: Tour de Singkarak Bukan Sekadar Lomba Balap Sepeda


Ke-15 perguruan tinggi tersebut antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara, UIN Sunan Ampel Surabaya, Universitas Mulawarman, dan Universitas Padjadjaran.

Kemudian,Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Mataram, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Pattimura, Universitas Sriwijaya dan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta.

"Kebetulan di Malang ini baru satu perguruan tinggi (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Saya berharap ke depan lebih banyak lagi. Tapi ini hanya jenjang S2 saja. Empat semester harus selesai, kalau nggak harus ngembaliin," tegasnya.

Persyaratan umum untuk beasiswa ini adalah lulusan S1 di bidang yang sesuai, lolos ujian masuk di perguruan tinggi mitra, usia maksimal 28 tahun per 1 Juli 2018, pengurus atau anggota organisasi kepemudaan, atau memiliki prestasi di berbagai bidang minimal tingkat kabupaten/kota, atau olahragawan berprestasi, atau pelatih olahraga berprestasi.

Pendaftar juga harus berbadan sehat, berkelakuan baik, bebas narkoba, bukan PNS/ASN dan tidak sedang menerima beasiswa lain.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Kalahkan Korsel, Timnas Arab Saudi Juarai Piala Asia U-19 2018


(ASM)