Jelang Asian Games 2018

Wisma Atlet Jakabaring Dijamin tak Seperti di Olimpiade Brasil

A. Firdaus    •    28 November 2017 17:51 WIB
asian games 2018
Wisma Atlet Jakabaring Dijamin tak Seperti di Olimpiade Brasil
Suasana di dalam Wisma Atlet (Zona 1), yang merupakan bekas penampungan atlet menginap pada event SEA Games 2011. Kini mengalami beberapa renovasi. (Foto: MTVN/A.Firdaus)

Palembang: Pembangunan Wisma Atlet di Jakabaring, Palembang telah memasuki tahap akhir. Pada Juni 2018, wisma tersebut diprediksi siap menampung ribuan atlet dari berbagai belahan Asia yang akan bertanding.

Selain melakukan beberapa pembangunan venue pertandingan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan juga fokus pada pengerjaan Wisma Atlet. Ada tiga zona yang dibagi dalam tiga tahapan pembangunan. Yaitu wisma atlet eks SEA Games 2011, Rumah Susun Sederhana Milik atau Rusunami, dan Rumah Susun Sewa atau Rusunawa.

Khusus untuk Rusunami, Pemprov Sumsel membangun 14 tower yang berdiri menjulang dengan ketinggian 10 lantai. Di mana delapan tower di antaranya telah siap digunakan.
 

Baca: INASGOC Tunggu Keputusan OCA terkait Perubahan Nomor Pertandingan di Asian Games 2018


"Sekarang sudah ada delapan tower yang sudah siap. Tinggal enam tower lagi. Jika sudah siap bisa menampung 3750 atlet. Target Juni siap digunakan," ujar Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin saat menghadiri acara Asian Games Media Forum.

Belajar dari pengalaman pahit pada Olimpiade Rio 2016 di Brasil, Alex meyakini kalau kejadian di negeri Samba itu takkan terjadi di wisma atlet Jakabaring.
 

Baca juga: Alex Noerdin Paparkan Kesiapan Palembang Menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018


"Rusunami, Insya Allah pada saat Asian Games tidak ada bau cat. Tidak seperti di Brasil masih bau cat kan. Pokoknya target bisa digunakan pada Juni tahun depan," terangnya.

Sejauh ini hanya Wisma Atlet (zona 1) yang telah digunakan. Sementara Rusunami baru dibangun setinggi sembilan lantai dan ditargetkan finis pada Januari 2018. Sedangkan Rusunawa akan rampung pada Maret dengan daya tampung 963 atlet.

Video: Rekaman Penampilan Montella Bersama AC Milan
 


(ACF)