Road to Asian Games 2018

PB Pordasi Soroti Kualitas Steward di Test Event Equestrian

A. Firdaus    •    06 November 2017 11:00 WIB
asian games 2018
PB Pordasi Soroti Kualitas Steward di Test Event Equestrian
Marco Wowiling dari Anantya Riding Club, turun di nomor Jamping Category Test Event Equestrian Part II (Foto: Dok INASGOC)

Metrotvnews.com, Tangerang: Test event cabang olahraga Equestrian seri II telah rampung digelar pada 4-5 November di APM Equestrian Center Tigaraksa, Cikupa, Tangerang. Gelaran ini selain meninjau beberapa peralatan, juga menyoroti kinerja steward.

Menyesuaikan standar internasional berdasarkan peraturan FEI (Federasi Equestrian Internasional) di Asian Games 2018 nanti, maka steward yang bertugas diharapkan mampu menjalankan aturan yang berlaku. Maklum saja, cabang equestrian punya perangkat aturan yang detail, terutama mengenai peralatan yang digunakan pada kuda itu sendiri.

"Khusus di cabang equestrian, kami di setiap test event menggelar steward course agar para ofisial dan juri kita terlatih untuk melakukan kontrol terhadap peralatan yang melekat pada hewan kuda dan juga rider," ucap Wijaya Noeradi, Sekjen PB Pordasi.

Klik di sini: Tech 3 Yamaha Kembali Turunkan Van der Mark di MotoGP Valencia

Saking detailnya, beberapa peralatan seperti bits (kendali di mulut kuda), spurs (alat tambahan di belakang sepatu rider untuk mengendalikan kuda), atau protection boots (alat pelindung di kaki kuda), semuanya perlu diawasi. Hal ini diterapkan agar tidak berlebihan dan mengganggu gerakan kuda saat beraksi.

"Ada ukuran dan syarat-syarat yang harus dipenuhi sesuai ketentuan terbaru FEI, dan hal itu harus diketahui para ofisial kita yang nanti akan bertugas," tambahnya.

Klik di sini: Kandas di Jerman, Fajar/Rian Ingin Juara di Hong Kong

Menanggapi keinginan Pordasi, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) telah nyatakan dukungannya. Juru bicara INASGOC, Danny Buldansyah menyebut kalau akan ada edukasi yang berkelanjutan terhadap para steward.

"Ada banyak hal dan aturan di equestrian yang perlu diketahui oficial lokal kita. Oleh karenanya, tak hanya saat di test event ini, INASGOC akan memberikan dukungan jika usaha untuk memberikan ilmu dan aturan baru diberikan kepada setelah test event ini selesai," jelas Danny Buldansyah, juru bicara INASGOC.

Test event equestrian seri II ini mempertandingkan nomor dressage dan jumping. Selama test event itu berlangsung, ada dua technical delegate asal Singapura yang mewakili FEI, Titien Irvanty Ibrahim dan Shirley Khaw yang bertindak sebagai juri, sekaligus mengawasi gelaran tersebut.

148 Atlet Menembak Ikuti Test Event Asian Games 2018
 


(ASM)