Road to Asian Games 2018

Jelang Asian Games, Persani Bakal Tryout ke Tiga Negara

A. Firdaus    •    10 November 2017 18:37 WIB
asian games 2018
Jelang Asian Games, Persani Bakal Tryout ke Tiga Negara
Ilustrasi atlet senam Rifda Irfanaluthfi (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Jakarta: Berbagai persiapan terus dikebut oleh Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani). Termasuk melakukan tryout di luar negeri.

Ada tiga negara yang menjadi tempat uji coba Persani untuk mematangkan kekuatan dalam Asian Games 2018 yang akan dimulai pada 18 Agustus mendatang. Ketiga negara tersebut adalah Amerika Serikat, Bulgaria, dan Rusia.

"Kami akan memberangkatan para atlet ke Moskow, Rusia pada akhir Desember 2017 untuk mengikuti kejuaraan uji coba di sana. Kami juga berencana menggelar pelatihan luar negeri ke Amerika Serikat dan Bulgaria pada 2018," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Persani Dian Arifin seperti dikutip Antara, Jumat (10/11/2017).

Klik di sini: Iannone Tercepat pada Sesi Latihan Bebas Pertama

Nantinya Persani, menurut Dian akan membentuk tim senam yang terdiri atas enam atlet artistik putra, enam atlet artistik putri, tim ritmik putra dan putri yang diisi tiga hingga empat atlet. Serta tim trampolin putra akan diisi dua atlet putra.

"Kalau kami punya gedung latihan sendiri di Indonesia, kami akan mendatangkan pelatih asing ke dalam negeri. Kami masih mengupayakan untuk mendapatkan tempat latihan di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta," kata Dian.

Klik di sini: Punya Catatan Hitam, Mike Tyson Diusir dari Cile

Lebih lanjut, untuk program pemusatan latihan nasional senam tetap akan berjalan. Walaupun hanya dua atlet yang mempunyai surat keputusan pelatnas dari Kemenpora.

"Kami akan mengajukan surat pelatnas bagi atlet-atlet lain yang masuk tim nasional setelah Kejuaraan Nasional Senam Senior-Junior 2017 di Jambi pada akhir November," katanya.

Selain program pelatnas dan uji coba, PB Persani juga akan menggelar kejuaraan uji coba Asian Games di Stadion Istora Senayan, Jakarta, pada April 2018. Kejuaraan uji coba Asian Games itu, merupakan rekomendasi dari Persatuan Senam Asia (AGU).

"Lokasi pertandingan cabang senam Asian Games 2018 di Jakarta International Expo Kemayoran. Kami sudah melaporkan lokasi uji coba kepada federasi Asia dan mereka tidak masalah," jelasnya. (Ant)

Atlet Nasional Uji Coba Trek Sepeda di Pesisir Tanjung Pendam
 


(ASM)