PON 2016 Cabang Karate

Giliran Tim Karate DKI Ancam Walk Out dari Ajang PON 2016

Roni Kurniawan    •    19 September 2016 19:17 WIB
pon 2016
Giliran Tim Karate DKI Ancam <i>Walk Out</i> dari Ajang PON 2016
Manajer karate DKI Jakarta Yusran Arief (Foto: MTVN/Roni)

Metrotvnews.com, Bandung: Kontingen DKI Jakarta dari cabang olahraga karate mengancam mundur dari ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat. Hal itu diungkapkan Manajer Tim Karate DKI Jakarta Yusran Arief saat mendampingi anak asuhnya bertarung di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin 19 September 2016.

Yusran beralasan, beberapa kecurangan terjadi dalam cabor karate terutama kinerja wasit terhadap atlet DKI Jakarta. Kekecewaan tersebut berawal saat dewan wasit melakukan proses drawing pemilihan wasit yang dilakukan menggunakan sistem komputer tanpa sepengetahuannya.

"Masalahnya sistem perwasitan dengan drawing pakai komputer, itu enggak benar. Memang saya bukan ahli IT, tapi ini kok diatur segala macam kita enggak tahu," ujar Yusran saat ditemui di sela-sela laga cabor karate.

Yusran menuturkan, setiap kali atlet DKI Jakarta bertarung terdapat wasit asal Jabar yang memimpin. Hal itu diakuinya sangat merugikan, terlebih rivalitas Jabar dan DKI Jakarta memiliki tensi tinggi, baik di dalam arena pertarungan maupun dalam hal perolehan medali emas.

(Baca juga:Kontingen Judo DKI Mengundurkan Diri di Laga Terakhir)

"Kalau wasit yang pimpin pertandingan (atlet asal DKI Jakarta main, red) ada wasit Jabar selalu mengalahkan dan tidak pernah menang," kata Yusran penuh kecewa.

Atas dasar itu kontingen DKI Jakarta cabor karate mengancam mengundurkan diri dari ajang empat tahunan tersebut, jika panitia tidak menggubris tuntutan. DKI ingin pemilihan wasit dilakukan secara manual dan tidak menempatkan wasit Jabar atau DKI Jakarta, saat atlet kedua daerah tersebut bertarung.

"Tadi saya sudah sampaikan surat ancaman untuk walk out ke panpel dan diteruskan ke PB PON. Jadi kalau sampai malam ini tidak ada balasan atau tidak ditanggapi, kita akan langsung pulang ke Jakarta," pungkasnya.
 
Video: PON XIX Dinilai Untungkan Tuan Rumah


(RIZ)

Jabar Raih Emas Sepak Bola PON XIX

Jabar Raih Emas Sepak Bola PON XIX

1 hour Ago

Metrotvnews.com, Bandung: Jawa Barat berhasil meraih medali emas sepak bola putra PON XIX/2016 …

BERITA LAINNYA