ISG 2017

Cabang Renang Menjadikan ISG Barometer Jelang SEA Games

Antara    •    17 April 2017 22:01 WIB
Cabang Renang Menjadikan ISG Barometer Jelang SEA Games
Ilustrasi (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) menganggap Islamic Solidarity Games 2017 di Azerbaijan sebagai ajang uji coba jelang SEA Games 2017 di Malaysia.

ISG adalah ajang olah raga yang diikuti negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam. Ajang ISG yang memasuki gelaran keempat ini dianggap bisa memacu para atlet untuk tampil maksimal di SEA Games.

Meskipun tidak menargetkan perolehan medali atau peringkat, PRSI tetap menganggap kejuaraan multi-cabang olahraga yang diselenggarakan empat tahun sekali itu  sebagai tolok ukur prestasi atlet-atlet nasional menuju SEA Games 2017.

Baca juga: Lima Hal Menarik di Balik GP Bahrain

"Kami mengikutsertakan tiga cabang akuatik yaitu renang, loncat indah, dan polo air. ISG ini menjadi sasaran antara karena kami membidik SEA Games sebagai target utama," kata Sekretaris Jenderal PB PRSI Ali Patiwiri di Jakarta, Senin 17 April 2017.

"ISG akan menjadi salah satu kejuaraan penilaian promosi dan degradasi bagi atlet-atlet yang akan ikut SEA Games. Jika catatan waktu atau nilai yang diraih atlet-atlet yang mengikuti ISG kurang bagus, mereka akan diganti atlet lain di Malaysia," katanya.

PRSI, lanjut Ali, mengusulkan 20 atlet pelatnas renang kepada Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Baca juga: Kemenpora Menargetkan Indonesia Menembus Peringkat Dua di ISG 2017

"Kami belum mengetahui jumlat atlet yang akan berangkat ke Azerbaijan karena masih menunggu keputusan KOI," katanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Baku Anggraeni Widiastuti, mengatakan Azerbaijan siap menerima 110 atlet Indonesia yang akan mengikuti 13 cabang olahraga dalam ISG 2017.

Tiga belas cabang olahraga yang diikuti Indonesia adalah bola basket, bola voli, menyelam, akuatik, atletik, para atletik, senam, judo, karate, menembak, taekwondo, angkat beban, dan wushu.

Video: Timnas Renang Indah Lakukan Gladi Bersih
 
(RIZ)