Gowes Pesona Nusantara 2017

Ribuan Warga Gorontalo Ramaikan GPN 2017

Kautsar Halim    •    30 Juli 2017 17:14 WIB
olahraga
Ribuan Warga Gorontalo Ramaikan GPN 2017
Suasana Gowes Pesona Nusantara 2017 di Gorontalo. (Foto: Humas Kemenpora)

Metrotvnews.com, Gorontalo: Sejumlah wilayah di Indonesia kembali menggelar ajang Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 pada Minggu 30 Juli. Salah satunya terselenggara di Gorontalo yang berada di Sulawesi Utara.

Menurut rilis yang diterima Metrotvnews.com, terdapat sekitar 3000 masyarakat Gorontalo yang ikut berpartisipasi di ajang GPN 2017. Jalannya event mengambil start di persimpangan Patung Sarondhe dan memiliki jarak tempuh sejauh 12 kilometer.


Klik: Indonesia Amankan Satu Gelar dari Sektor Ganda Campuran


Para peserta GPN 2017 Gorontalo baru mulai memadati lokasi start sekitar pukul 07.00 WITA. Masyarakat yang datang berasal dari berbagai golongan usia, dan tak terkecuali anak-anak Sekolah Dasar (SD).

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Gorontalo, Irwan Hamzah, mengaku sangat antusias dengan penyelenggaraan GPN 2017. Menurutnya,  event tersebut bisa memacu semangat berolahraga bagi masyarakat sekitar.

"Tujuan acara ini memotivasi masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat, khususnya dengan bersepeda," ujar Irwan di sela-sela acara.


Klik: Hasil Pemindaian, Goh Jin Wei Bisa Main di SEA Games


Sementara itu, Asisten Deputi Kementerian Pemuda dan Olahraga Alman Hudri menjelaskan, GPN 2017 bertujuan untuk membangun kebiasaan hidup berolahraga. Menurutnya, pembangunan di suatu daerah bisa semakin cepat apabila masyarakatnya sehat karena rajin berolahraga

"Melalui acara ini terlihat kalau masyarakat sudah sangat mengerti makna olahraga. Bila terwujud kondisi fisik masyarakat yang prima, pembangunan masyarakat akan berjalan semakin baik," kata Alman.

"Selain itu, persatuan dan kesatuan Kota Gorontalo dengan kota-kota lainnya akan semakin erat melalui Gowes Pesona Nusantara ini," tambahnya.

GPN 2017 merupakan salah satu program pemerintah untuk mempromosikan gerakan "Ayo Olahraga". Event bersepeda bersama itu berlangsung tiap pekan secara bergantian di tiap kota Indonesia hingga September 2017. Rencananya, GPN 2017 akan terselenggara di 90 kota/kabupaten.

 


(KAU)