Jelang Asian Games 2018

Sandiaga Pastikan Sekolah di Jakarta Libur Selama Asian Games

Krisna Octavianus    •    07 April 2018 07:18 WIB
olah ragaasian games 2018
Sandiaga Pastikan Sekolah di Jakarta Libur Selama Asian Games
Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta: Usai menggelar rapat koordinasi dengan INASGOC, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diwakili Wakil Gubernur Sandiaga Uno, memastikan sekolah-sekolah di Jakarta libur saat Asian Games. Tujuannya agar jalan tidak macet dan tranportasi untuk atlet bisa berjalan dengan baik.

Jakarta sebagai tuan rumah utama Asian Games 2018, memang harus bersiap maksimal. Sebanyak 28 cabang olahraga dipertandingkan di wilayah ibu kota, baik yang tersebar di Kompleks Gelora Bung Karno, JEIXPO Kemayoran, dan beberapa lokasi lainnya.

Salah satu yang menjadi pembahasan dalam rapat koordinasi antara INASGOC dan Pemprov DKI Jakarta adalah mengantisipasi kendala transportasi. Untuk menyiasatinya, Sandiaga Uno pastikan sekolah libur selama Asian Games yang berlangsung 18 Agustus sampai 2 September.

Baca juga: Promosikan Asian Games, Lomba Lari Digelar di Pegunungan Himalaya

"Soal transportasi, Pemprov DKI sudah berkoordinasi agar lalu lintas berjalan lancar dan mencapai target OCA, yakni 34 menit waktu perjalanan dari wisma atlet ke GBK. Kami juga akan meliburkan sekolah dengan menukar jadwal libur sekolah di Desember ke Agustus saat Asian Games berlangsung," tambah Sandiaga.

Sebelumnya, Ketua INASGOC Erick Thohir sudah mengatakan bahwa sekolah akan diliburkan selama Asian Games. Akan tetapi, sekolah yang diliburkan adalah sekolah-sekolah yang berada di zona Asian Games. Di luar zona itu tidak akan libur.

Dalam rapat tersebut, juga dibahas tentang keterlibatan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sehingga mampu mendukung sukses pemberdayaan ekonomi kerakyatan. UKM tersebut akan disupervisi oleh kurator sehingga terjamin kebersihan, kesehatan, dan kelayakan untuk dinikmati masyarakat.

"UKM akan diberi porsi besar. Bahkan, akan digunakan pembayaran dengan sistem cashless (tanpa uang). Selain itu, dalam radius 1 km di sekitar venue, Pemprov DKI boleh mengadakan festival pesta rakyat tanpa harus bayar izin atau rights kepada OCA demi membuat Asian Games sebagai pesta olahraga rakyat yang semarak,” tambah Erick.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Wahyu Mukti Karateka Termuda di Pelatnas Asian Games
 


(RIZ)