Asian Para Games 2018

Bocoran Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018: Ada Penampakan Komodo Raksasa

Kautsar Halim    •    27 September 2018 23:15 WIB
asian para games
Bocoran Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018: Ada Penampakan Komodo Raksasa
Gladi kotor pembukaan Asian Para Games 2018 (Foto: Medcom.id/Kautsar)

Jakarta: Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018 diyakini bakal berlangsung tidak kalah meriah dengan Asian Games 2018. Itu diketahui lewat bocoran yang diberikan INAPGOC.

INAPGOC selaku panitia pelaksana Asian Para Games 2018 mengundang sejumlah media ke Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis 27 September malam WIB. Itu dilakukan untuk mengintip gladi kotor upacara pembukaan event.

Kesempatan awak media mengintip keseruan upacara pembukaan tersebut memang hanya sekitar 15 menit. Kendati demikian, momen singkat itu cukup menarik perhatian dan membuat makin penasaran.

Menurut pantauan Medcom.id, upacara pembukaan Asian Para Games 2018 tak lepas dari promosi kebudayaan Indonesia itu sendiri. Pasalnya, terdapat tarian khas beberapa daerah dan juga dekorasi panggung yang bernuansa kemaritiman.

Ketika memasuki tribun penonton Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), para awak media diperlihatkan dengan panggung megah dengan latar belakang berbentuk ombak raksasa. Nantinya, latar belakang itu akan digunakan untuk menampilkan video bernuasa laut dan berbagai unsur kebudayaan Indonesia lainnya.

Karena event khusus penyandang disabilitas, salah satu video itu bakal menampilkan seorang wanita dengan kursi roda. Sekilas terlihat, wanita tersebut sedang berenang di dalam indahnya terumbu karang yang merupakan khas laut Indonesia.

Klik di sini: Duet Ronaldo dan Dybala Kian Kompak

Tidak selesai sampai disitu, koreografi yang dipersembahkan juga bakal melibatkan komodo raksasa yang merupakan binatang langka yang hanya ada di Indonesia. Setelah itu, terdapat replika kapal pinisi yang bertuliskan para-nisi.

Raja Sapta Oktohari selaku Ketua INAPGOC mengatakan bahwa pihaknya memang sengaja ingin membuat publik penasaran dengan serunya upacara pembukaan Asian Para Games 2018. Meski begitu, dia mau membeberkan tema besar upacara pembukaan tersebut

"Pembukaan Asian Games lebih kepada musik festival. Tapi kalau Asian Para Games bakal lebih banyak gelaran dan aksi-aksi yang menunjukkan sisi kemanusiaan," kata Okto.

"Kemudian, kalau Asian Games menampilkan gunung, sedangkan Asian Para Games bakal menggambarkan Indonesia sebagai negara maritim. Pokoknya, Asian Games dan Asian Para Games harus jadi kebanggaan Indonesia," tambahnya menutup.

Upacara pembukaan Asian Para Games 2018 dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 6 Oktober mendatang. INAPGOC melibatkan 1.500 putra dan putri Tanah Air serta para penyandang disabilitas untuk menyukseskan upacara pembukaan tersebut.

Video: SFC Rasakan Dampak Negatif Terkait Penghentian Liga 1