Jelang SEA Games dan Asian Games

Persiapan Atlet SEA Games dan Asian Games Tunjukkan Tren Positif

Media Indonesia    •    21 November 2016 08:02 WIB
asian games 2018sea games
Persiapan Atlet SEA Games dan Asian Games Tunjukkan Tren Positif
Perenang nasional, I Gede Siman Sudartawa. (Foto: MI/ Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah laga uji coba yang diikuti cabang olahraga dalam mempersiapkan atlet ke multiajang SEA Games 2017 Malaysia dan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang menunjukkan tren positif.
Hal itu ditunjukkan cabang olahraga kriket dan renang yang saat ini mengikuti uji coba ke luar negeri.

Di cabang kriket, tim putra dan putri yang melakukan uji coba di Kuala Lumpur Malaysia 13-19 November, meraih hasil cukup bagus. Tim putri yang tampil di empat laga mampu meraih tiga kemenangan, Hasil positif juga didapat tim putra yang meraih satu kemenangan.

Tim putra sebenarnya juga dijadwalkan melakukan empat pertandingan. Namun, kendala cuaca menghambat tiga pertandingan lainnya.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) Azis Syamsuddin menyambut baik hasil yang diperoleh tim kriket Indonesia.


Baca: Satlak Prima Mengantisipasi Cedera Atlet


"Di Asian Games 2018 itu kita tuan rumah. Jadi, ya, sudah sewajarnya dan seharusnya kita mengincar emas. Memang berat, tapi bukannya tidak mungkin. Kita ada waktu tiga tahun untuk bersiap dan saya akan ajak pengurus PCI lainnya agar kerja keras agar ini terwujud," kata Azis, kemarin.

Dari cabang renang, perenang nasional I Gede Siman Sudartawa sukses meraih medali perunggu pada Kejuaraan Renang Asia di Tokyo, Jepang. Perenang DKI Jakarta itu mencatatkan waktu 25,26 detik pada nomor 50 meter gaya punggung putra.

Baca: Satlak Prima: Kondisi Atlet PascaPON Menurun


Medali emas diraih perenang Tiongkok Xu Jiayu dengan catatan 24,65 detik, diikuti perenang Jepang Nakao Shunichi dengan catatan 25,17 detik.

Di bagian putri, meski tak mampu meraih medali, perenang muda Azzahra Permatahani sukses memecahkan rekor nasional 400 meter gaya ganti perorangan putri dengan catatan waktu 4 menit 54,21 detik.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia Anindya Novyan Bakrie mengapresiasi penampilan perenang Indonesia.

"Mudah-mudahan dengan terus berlatih dan bertanding di level internasional, Siman akan berhasil mencapai puncak prestasi tahun depan," ujar Anindya.

Video: Sean Gelael Finis Kelima di WEC Bahrain 2016
 


(ASM)