PON 2016 Cabang Wushu

Lindswell dan Juwita Sumbang Emas untuk Sumatera Utara

Roni Kurniawan    •    19 September 2016 15:23 WIB
pon 2016
Lindswell dan Juwita Sumbang Emas untuk Sumatera Utara
Lindswell Kwok memamerkan medali emas wushu yang diraihnya di PON XIX/2016 Jawa Barat (Foto: MTVN/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Dua atlet Wushu kawakan, Lindswell Kwok dan Juwita Niza Wasni membuktikan diri bahwa mereka masih yang terbaik di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan kesuksesan mereka menyumbangkan medali emas untuk Kontingen Sumatera Utara di PON XIX/2016 Jawa Barat.

Lindswell, peraih medali emas SEA Games 2015 untuk Indonesia, sukses merebut emas di nomor Taijijian&Taijiquan yang diselenggarakan di  GOR Pajajaran, Kota Bandung, Senin 19 September. Dara cantik berusia 24 tahun itu jadi yang terbaik usai mencatatkan poin, 19,16.

Lindswell berhasil mengungguli atlet Wushu Jawa Timur, Cindy Martono yang harus puas dengan medali perak usai menorehkan skor 18,75. Adapun, medali perunggu diraih oleh atlet asal Kalimantan Utara, Tsania Arifianti dengan skor total 18.17.

(BACA: Atlet Ini Sumbangkan Tiga Emas dan Pecahkan Dua Rekor)

Masih dari Wushu, kontingen Sumatera Utara berhasil menyabet satu medali emas lagi di nomor Nanquan & Nandao. Lagi-lagi, emas disumbangkan oleh atlet yang sudah punya nama besar di kancah wushu dunia, yakni Juwita Niza Wasni.

Juwita yang meraih medali emas Asian Games 2014, jadi yang terbaik di PON XIX/2016 usai mencatatkan skor 19,08. Poin yang diraih Juwita tidak mampu disaingi oleh atlet Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ivana Ardelia Irmanto (18.76) dan atlet tuan rumah Jawa Barat Christina Agustine (18,65) yang harus puas dengan medali perak dan perunggu.

(BACA JUGA: Rekor Milik Elsa Nasution Dipecahkan Perenang asal Riau)

Menurut Ketua Umum KONI Sumut, Gus Irawan Pasaribu, keberhasilan kedua atlet putri tersebut merupakan suatu kebanggaan. Terlebih, dua atlet putri itu merupakan atlet andalan di cabor wushu dalam PON tahun ini, dan keberhasilan mereka membuat kontingen Sumut mengungguli tuan rumah Jabar dengan raihan dua medali emas.

"Sangat bersyukur sekali hari ini dapat dua medali emas. Kita sangat bangga dan berharap besok masih bisa menambah lagi medali emas. Apalagi hari ini kita unggul dari tuan rumah (Jabar)," ujar Irawan saat ditemui usai pengalungan medali cabor wushu di GOR Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Senin (19/9/2016).

Video: Final Wushu Nomor Taolu Taijijian Digelar Hari Ini
 


(ACF)

Meningkatkan Kualitas PON

Meningkatkan Kualitas PON

15 hours Ago

?PEKAN Olahraga Nasional (PON) digelar dengan tujuan mencari bibit atlet berbakat. Melalui PON,…

BERITA LAINNYA