Rhino X-Tri Jadi Pemanasan Asian Games 2018

Rendy Renuki H    •    22 September 2017 23:55 WIB
olahragatriathlon
Rhino X-Tri Jadi Pemanasan Asian Games 2018
Mantan atlet pelatnas balap sepeda road race Ady Akhmad Jukardi (MTVN/Rendy Renuki H)

Metrotvnews.com, Pandeglang: Atlet sepeda nasional Ady Akhmad Jukardi menjadikan ajang triathlon Rhino X-Tri sebagai pemanasan jelang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Ia sengaja mengikuti ajang ini untuk melatih cabang triathlon yang turut dilombakan di pesta olahraga se-Asia tersebut.

Ady menuturkan dirinya sudah diprediksi tampil di Asian Games 2018. Namun, ia masih ingin melatih kemampuannya terutama di cabang olahraga renang yang menurutnya masih lemah.

Pasalnya, atlet 30 tahun ini memang hanya fokus di nomor balap sepeda yang belakangan lebih difokuskan lagi di nomor mountain bike. Untuk itu ia kerap mengikuti ajang triathlon di beberapa kota yang sudah dilakoninya sejak 2015 lalu.

"Saya ikut di Rhino X-Tri ini sebagai pemanasan jelang Asian Games karena sudah diprediksi tampil oleh pengurus cabor. Saya awalnya hanya menekuni balap sepedanya saja di triathlon ikut nomor reserve, jadi gantian dengan perenang dan lari," ujar Ady kepada Metrotvnews.com, Jumat (22/9/2017).

(Baca: Rhino X-Tri Diramaikan Mantan Atlet Pelatnas Balap Sepeda)

"Saya sempat ikut beberapa ajang triathlon seperti di Sentul Triathlon, Bali Triathlon.Desember 2015 ikut Belitung Triathlon yang menjadi ajang triathlon pertama saya turun di nomor olimpic distance dapat juara tiga," sambungnya.

Namun, sadar ia masih lemah di cabor renang, Ady mengatakan jika di Asia Games 2018 ia dikhususkan mengikuti disiplin Duathlon (salah satu disiplin triathlon). Karena menurutnya ia lebih menguasai cabor balap sepeda dan lari.

"Untuk Asian Games nanti saya rencananya turun di cabang triathlon tapi disiplin duathlon, jadi hanya lari dan sepeda. Sempat ikut Pariaman Duathlon Asian championship 2016 lalu dan meraih juara pertama," tutup atlet 30 tahun ini.

Rhino X-Tri 2017 sendiri akan melombakan dua kelas yakni kategori bull dan rhino. Untuk kategori bull, peserta akan menempuh masing-masing jarak perlombaan yakni renang 500 meter, balap sepeda delapan kilometer, dan lari lima kilometer.

Sementara, jarak yang harus ditempuh peserta yang mengikuti nomor rhino lebih jauh dari nomor sebelumnya. Pada nomor ini, peserta diwajibkan menempuh jarak renang 1000 meter, balap sepeda 16 kilometer, dan lari 10 kilometer.

Video: Dua Wakil Indonesia Lolos ke Perempat Final
 


(REN)