Jelang Asian Games 2018

Tekad Siman Akhiri Paceklik Medali Indonesia di Asian Games 2018

Krisna Octavianus    •    24 April 2018 12:47 WIB
asian games 2018
Tekad Siman Akhiri Paceklik Medali Indonesia di Asian Games 2018
Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa (Foto: Kautsar Halim/medcom.id)

Jakarta: Perenang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa bertekad akhiri paceklik medali cabang olahraga renang di ajang Asian Games. Dia akan berusaha sekeras mungkin mengulangi pencapaian tim renang Indonesia pada Asian Games 1990 Beijing.

Indonesia terhitung sudah 28 tahun tidak meraih medali akuatik dalam ajang Asian Games. Tim Merah Putih terakhir kali meraih medali Asian Games dari olahraga akuatik pada 1990 di Beijing, Tiongkok.

Saat itu, Indonesia meraih tiga medali perunggu yang salah satunya disumbangkan oleh Richard Sam Bera pada nomor 100 meter gaya bebas.

Klik di sini: Rafael Nadal Ukir Rekor Baru saat Taklukkan Nishikori

Kini, Siman bertekad "memecahkan telur" menjadi orang pertama setelah 28 tahun menyumbangkan medali bagi Indonesia di cabang renang. Dia yakin bisa mendapat medali minimal perunggu di nomor andalannya, 50 meter gaya punggung.

"Pengen banget tampil (di Asian Games), karena di cabang renang, medali terakhir itu pas 1990. Saya ingin jadi orang pertama lagi setelah sekian lama bisa menyumbangkan medali," ungkap Siman kepada Medcom.id.

Semuanya sangat mungkin karena kini catatan waktu terbaik Siman hanya terpaut 0,02 detik dengan peraih perunggu empat tahun lalu, Xu Jiayu dari Tiongkok.

Klik di sini: Daud Yordan Pukul KO Petinju Rusia

"Ya saya yakin bisa karena peringkat ketiganya di Asia saat ini hanya terpaut 0,02 detik. Itu tipis sekali. Ada kans. Soal lebih dari perunggu, kita lihat pada saat TC di AS, tapi untuk Perunggu ada kans. Kalau bisa perak atau bahkan emas," sambungnya,

Modal Siman untuk meraih medali di ajang Asian Games dengan melakukan training camp di Australia selama 1,5 bulan pada Maret lalu. Selanjutnya, dia akan melanjutkan TC di Amerika Serikat.

520 Atlet Ikuti Sungailiat Triathlon 2018



(FIR)