Jelang Asian Games 2018

Venue Voli Pantai JSC Dinilai Layak Gelar Asian Games 2018

A. Firdaus    •    21 Oktober 2017 01:54 WIB
asian games 2018
Venue Voli Pantai JSC Dinilai Layak Gelar Asian Games 2018
Momen pertandingan tim voli pantai Indonesia melawan Jepang pada test event jelang Asian Games 2018 di Palembang (Foto: Ist)

Metrotvnews.com, Palembang: Venue Voli Pantai di Jakabaring Sport City dianggap layak oleh Konfederasi Bola Voli Asia (AVC) untuk menggelar Asian Games 2018 . Hal itu seperti diutarakan Technical Delegate dari AVC asal Hong Kong, Ng Chung.

Sejauh ini, dengan mendapat dukungan maksimal dari pemerintah provinsi Sumatera Selatan, panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) tak lagi mengkhawatirkan kesiapan teknis venue voli pantai. 

Meski demikian, venue ini tak luput dari beberapa masukan yang datang dari Ng Chung. Menurutnya ada beberapa perbaikan. Mulai dari center court, hingga penggunaan pasir yang harus ditiadakan di area luar lapangan.
 

Baca: Presiden Resmi Bubarkan Satlak Prima


"Diperlukan beberapa perbaikan. Antara lain, center court yang terlalu kecil sehingga perlu diperbesar,  salah satu caranya dengan mengurangi kursi penonton di sekitar center court. Selain itu area di luar lapangan pertandingan disarankan untuk tidak menggunakan pasir, cukup di  arena pertandingan saja," ujar Chung.


(Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat membuka kejuaraan voli pantai Asia Pasific di JSC. Foto: Ist)

Selain itu, ia menilai perlengkapan pertandingan juga harus ditambah lebih banyak lagi, seperti tiang dan net, serta scoring board digital yang berukuran lebih besar. Dari segi ruang fasilitas pendukung, Ng Chung menyarankan untuk menambahkan court TV, ruang untuk medical, media, dan lain-lain. 

"Meskipun venue ini sudah memiliki beberapa ruangan seperti ruang TD, wasit, namun masih harus ditambahkan ruangan lainnya karena Asian Games tentunya memiliki level yang berbeda,” tambahnya.
 

Baca juga: Indonesia Terpuruk di SEA Games, Pemerintah Didesak Restrukturisasi Satlak Prima


Venue Voli Pantai di JSC ini juga sering digunakan untuk kejuaraan Asia Pasifik. Termasuk saat ini, sedang dijalani test event menuju Asian Games 2018 bertajuk "The 6 South Sumatera Governor Open 2017, Asia Pasific Beach Volleyball Tournament". 

Test Event ini telah diselenggarakan sejak 18 Oktober dan akan berakhir pada 22 Oktober. Dengan digelarnya Tes Event ini, diharapkan bisa memenuhi standar Olympic Council of Asia (OCA).

"Diharapkan dengan adanya test event ini , ada banyak masukan agar venue JSC dapat menjadi salah satu venue terbaik di Asian Games nanti," harap Gubernur Sumatera Barat, Alex Noerdin.

Video: ?Menko Puan Tinjau Venue Asian Games 2018 di Komplek GBK



(ACF)