Kalla Ingin Indonesia Raya Berkumandang di Asian Games

Dheri Agriesta    •    20 Desember 2017 15:28 WIB
asian games 2018
Kalla Ingin Indonesia Raya Berkumandang di Asian Games
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: MTVN/Dheri

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla tak ingin Indonesia hanya menjadi kontingen pelengkap di Asian Games 2018. Kalla ingin lagu Indonesia Raya berkumandang dalam prosesi pemberian medali.
 
"Jangan hanya lagu (kebangsaan) Tiongkok atau Jepang. Kita yang cape-cape (jadi tuan rumah) yang terdengar lagu kebangsaan Tiongkok. Itu merupakan tantangan kita semua dan saya yakin ini," kata Kalla di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Desember 2017.
 
Indonesia selaku tuan rumah Asian Games 2018 telah menyiapkan sarana dan prasarana. Kalla tak ingin kesibukan dan kerja keras persiapan ini tak membuahkan hasil.

Baca: INASGOC Paparkan Kesiapan Asian Games 2018 Kepada 119 Delegasi

Biaya yang dikeluarkan untuk mempersiapkan acara ini tak sedikit. Kalla tak ingin, prestasi memble atlet Indonesia saat Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan terulang.
 
"Medali emas hanya lima seperti di Incheon, itu masyarakat tidak happy-lah, bisa-bisa marah mereka," jelas Kalla.
 
Kalla berharap Indonesia berada di posisi 10 besar dalam pagelaran Asian Games 2018. Secara angka, posisi 10 besar membutuhkan setidaknya 20 medali emas.
 
Namun, Kalla sadar, memasang target 20 medali emas bukan pekerjaan mudah. Tapi, Kalla juga tidak ingin prestasi Indonesia merosot seperti saat Sea Games 2017 Malaysia.
 
"Harapan kita minimum 10 besar, kalau masuk 10 besar dihitung-hitung setidaknya 20 medali harus diperoleh," tegas Kalla.




(FZN)