Jelang Asian Games 2018

Gelar Juara Dunia Paralayang, Modal Dokter Ahli Mata RSPAU Hardjolukito Tatap Asian Games

Ahmad Mustaqim    •    02 Oktober 2017 23:53 WIB
asian games 2018
Gelar Juara Dunia Paralayang, Modal Dokter Ahli Mata RSPAU Hardjolukito Tatap Asian Games
Dokter ahli mata di RSPAU Hardjolukito, Yogyakarta, Kolonel dr Elisa Manueke yang meraih juara dunia paralayang di Sovenia. (Foto: Dok Lanud Adisutjipto)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Seorang dokter ahli mata di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) Hardjolukito, Yogyakarta, Kolonel dr Elisa Manueke menjadi juara dunia paralayang di Sovenia pada September lalu. Elisa menjadi juara pada nomor ketepatan mendarat Para Gliding Accuracy World Cup (PGAWC) seri ke IV. 

Diterjunkan bersama 18 atlet Indonesia lainnya, Elisa mengaku terkejut bisa menyabet salah satu gelar juara. Mengingat, ia berhadapan dengan atlet paralayang dunia yang memiliki kualitas baik. 

"Mungkin secara kualitas, atlet paralayang dari Indonesia masih di bawah," ujar Elisa di Ruang Media Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto Sleman, Yogyakarta pada Senin, 2 Oktober 2017. 
 

Baca: Indonesia Sabet Gelar Juara Dunia Paralayang di Slovenia


Elisa mampu mengungguli 91 atlet dari 22 negara peserta dalam ajang teraebut. Ia berhasil menjadi satu-satunya atlet yang berhasil menginjak garis lingkar paling kecil. 

Menurut dia, keberhasilan yang ia raih tak lepas dari aktivitas hariannya sebagai dokter mata. Dari situ, ia mengaku bisa lebih sabar dan perhitungan saat melakukan pendaratan. 

"Tidak bisa mendarat dengan terlalu pede (percaya diri). Bisa-bisa keluar lebih jauh," kata dia. 

Kepala Departemen Spesialis Mata RSPAU Hardjolukito ini menjelaskan keberhasilan itu jadi modal penting untuk ikut di Asian Games 2018. Ia mengaku sudah mulai mengikuti pelatihan nasional bersama atlet lain untuk persiapam Asian Games. 
 

Baca juga: Jerit Atlet di Balik Sibuknya Pemerintah Menyambut Asian Games 2018


Elisa mengaku tak memiliki banyak waktu untuk berlatih reguler mengingat ia juga harus menjalankan profesinya sebagai dokter. "Bisa latihan kalau akhir pekan saja," tuturnya. 

Komandan Lanud Adisutjipto, Marsma TNI Novyan Samyoga gembira dengan prestasi yang Elisa torehkan. Baginya, prestasi itu mengaharumkan institusinya dan juga Indonesia.

Novyan mendukung Elisa untuk mengikuti pelatihan Asian Games. "Kita selalu izinkan untuk berbuat baik demi negara," kata dia. 

Video: ?Jokowi Bangga dengan Prestasi Atlet Para Games



(ACF)