Asian Para Games 2018

Komodo Raksasa Muncul Lagi di Upacara Penutupan Asian Para Games 2018

Kautsar Halim    •    13 Oktober 2018 21:57 WIB
Asian Para Games
Komodo Raksasa Muncul Lagi di Upacara Penutupan Asian Para Games 2018
Suasana penutupan Asian Para Games 2018 (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Jakarta: Upacara penutupan Asian Para Games 2018 berlangsung meriah di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu 13 Oktober. Salah satu daya tariknya dengan kehadiran replika komodo raksasa di tengah kerumunan penonton.

Replika binatang langka dari Nusa Tenggara Timur itu terlihat berwarna hijau dan memiliki mata kuning menyala. Untuk mengaraknya dari depan panggung menuju belakang stadion dibutuhkan lebih dari 10 orang.


Foto: medcom.id/Kautsar Halim

Sebelumnya, replika komodo raksasa juga pernah ditampilkan pada acara pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu 6 Oktober. Namun, saat itu, terdapat komodo yang berwarna coklat juga yang ukurannya lebih besar.

Baca: Presiden Jokowi Apresiasi Atlet Asian Para Games 2018

Tak heran jika hanya ditampilkan satu komodo saja saat upacara penutupan. Pasalnya, ukuran Stadion Madya jauh lebih kecil ketimbang SUGBK. Meski begitu, bukan berarti upacara penutupan berlangsung tidak meriah.

Buktinya, tetap banyak masyarakat yang datang dan menikmati acara yang berformat festival atau tidak disediakan tempat duduk itu. Sorak sorai penonton terdengar lantang, khususnya ketika berbagai hiburan musik disajikan pada pengujung acara. 

BacaKemeriahan Jelang Upacara Penutupan Asian Para Games 2018

Komodo raksasa muncul di tengah-tengah rangkaian acara atau setelah defile kontingen para negara peserta. Kehadirannya diiringi juga dengan berbagai simbol kebudayaan tradisional lainnya seperti ondel-ondel, becak, dan wayang kulit.

Rangkaian acara upacara penutupan Asian Para Games 2018 dibuka dengan kata sambutan dari wakil presiden Jusuf Kalla. Ia berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kesuksesan terselenggaranya event, tak terkecuali para relawan.


Momen saat Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berpidato dalam seremoni penutupan Asian Para Games 2018 (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Cuplikan video tentang keindahan Kota Hangzhou di Tiongkok juga sempat ditampilkan sebagai promosi tempat perhelatan Asian Para Games berikutnya. Serah terima benderan antar National Paralimpic Commitee (NPC) Indonesia dan Tiongkok juga tak ketinggalan dilakukan.

Pesta kembang api mencerahkan langit di Stadion Madya setelah semua pemangku kepentingan mendapat kesempatan menyampaikan kata sambutan, tak terkecuali Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari dan Ketua Asian Paralimpic Committee Majid Rashed. Setelah itu, baru acara langsung dilanjutkan dengan berbagai hiburan musik.


Girl Band Korea Ace of Angels (AOA) saat tampil dalam seremoni penutupan Asian Para Games 2018 (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Berbagai acara hiburan musik itu pun membuat seremoni Asian Para Games 2018 berlangsung semakin meriah. Sebab, hiburan musik itu dibawakan oleh sejumlah artis dan musisi papan atas Indonesia dan juga internasional.

Sejumlah artis dan musisi papan atas Indonesia itu di antaranya adalah grup musik Rio Febrian, NTRL, dan Cokelat. Sedangkan grup musik internasional itu adalah girl band asal Korea Selatan, Ace of Angels (AOA). 


Video: Closing Ceremony Asian Para Games 2018 (1)

 


(PAT)