PON 2016

Kemeriahan Seremoni Penutupan PON 2016 Jabar

Kautsar Halim    •    30 September 2016 11:39 WIB
pon 2016
Kemeriahan Seremoni Penutupan PON 2016 Jabar
Warga mengabadikan atraksi kembang api pada penutupan PON XIX di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jabar, Kamis (29/9) (Antara Foto - M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Bandung: Upacara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 Jawa Barat berlangsung dengan megah dan meriah di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis 29 September. Kala itu, acara dihadiri sejumlah tokoh negara dan diisi dengan berbagai aksi hiburan yang menawan.

Upacara penutupan PON 2016 Jabar dimulai tepat pada pukul 19.30 WIB. Saat itu, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta untuk korban banjir di Garut dan Sumedang.

Sesi mengheningkan cipta dipimpin oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Setelah itu, GBLA dimeriahkan oleh letusan pesta kembang api yang membahana. Seketika, langit gelap langsung memerah oleh taburan kembang api.

Penampilan penyanyi tanah air, Rossa, menambah kemeriahan acara. Suaranya terdengar merdu membawakan lagu Bubuy Bulan sembari diiri puluhan penari. Sebagai penutup, pihak penyelenggara kembali menyalakan kembang api seusai Rossa berhenti menyanyi.
  Setelah aksi kesenian angklung dan tarian daerah selesai diputar, seluruh atlet PON berjalan memasuki lapangan upacara. Berbeda dengan upacara pembukaan, kali ini para atlet berdiri disesuaikan dengan cabang olahraga yang dimainkan.

Setelah sesi pidato kata sambutan yang dilakukan secara bergantian oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wakil Presiden Jusuf Kalla,  tombol sirine menandai  PON 2016 berakhir dibunyikan.

(Baca juga: Tutup PON XIX, Wapres: Olahraga Jadi Lambang Persatuan)

Tidak lama kemudian, acara dilanjutkan dengan penyerahan bendera PON kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe. Sesi ini  dilakukan untuk mengenalkan Papua sebagai tuan rumah PON berikutnya.

Sejumlah kesenian khas Papua seperti tarian dan nyanyian disajikan setelah bendera PON berpindah tangan. Sesi ini menuai teriakan kagum para penonton karena langsung dilanjutkan dengan sesi pemadaman Api PON.

Pembacaan doa tak lupa dilakukan  ketika seluruh acara utama dilangsungkan. Upacara penutupan PON 2016 Jabar berakhir setelah pesta kembang api dan nyanyian Doel Sumbang.

 


(HIL)