Menpora Lantik Richard Sam Bera jadi Ketua Umum BOPI

Pelangi Karismakristi    •    15 Mei 2018 12:46 WIB
berita kemenpora
Menpora Lantik Richard Sam Bera jadi Ketua Umum BOPI
Menpora melantik kepengurusan baru sekaligus Ketua Umum BOPI Richard Sam Bera. Foto: Dok. Kemenpora

Jakarta: Menpora Imam Nahrawi resmi melantik pengurus baru Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) sekaligus mengukuhkan Richard Sam Bera sebagai ketua umum.

"Saya sangat berharap para pengurus baru BOPI dapat memajukan industri olahraga profesional Indonesia, menjadi semakin baik dan semakin profesional," ucap Menpora usai melantik dan mengambil sumpah jabatan pengurus BOPI, Senin 14 Mei 2018, di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta.

Imam optimistis, Richard akan membawa BOPI ke arah yang lebih baik. Ditambah lagi Richard adalah olimpian yang sering membawa nama harum Indonesia.

"Sudah barang tentu beliau mengerti, mengilhami dan bahkan sudah terpatri agar para atlet dan pihak terkait mendapatkan kesempurnaan dalam mengelola industri olahraga tanah air," ucap Menpora dalam kemenpora.go.id.

Pada saat yang sama, Menpora juga menyanjung personel baru lainnya dalam tubuh BOPI. Di antaranya aktivis olahraga yang menjadi sekretaris BOPI Andreas Marbun dan dinilai memiliki jaringan cukup luas, mantan Puteri Indonesia Anindya K Putri yang didapuk menjadi Bendahara BOPI, ia memiliki latar belakang olahraga yang sangat baik dan Komisi Hukum BOPI Luluk Nur Hamidah yang dipandang memiliki jaringan luas.

Dari kepengurusan itulah, Menpora semakin yakin BOPI mampu mendukung lahirnya industri olahraga profesional di Tanah Air. Selain itu, ia juga percaya BOPI bisa berkoordinasi dengan lembaga dan stakeholder olahraga lainnya.

"Saya sangat optimistis generasi baru generasi yang fresh sekali untuk mendorong agar BOPI lebih berani, lebih profesional. Dan lebih mandiri jug bisa menjadi harapan bagi seluruh pihak yang terlibat dalam olahraga profesional Tanah Air," tutur Menpora.

Pada saat yang sama, Ketua Umum BOPI Richard Sam Bera menyatakan akan cepat berkonsolidadi, berkoordinasi, dan saling mendukung dengan timnya dan para stakeholders olahraga, termasuk sejumlah olahraga profesional di Indonesia.

"Kalau memang kepengurusan sebelumnya ada hambatan-hambatan, kita akan berusaha menghilangkan hambatan itu dan mendukung kemajuan industri olahraga termasuk atlet, pengurus dan organisasinya sesuai dengan keahlian kita masing-masing," ucap Richard usai pelantikan.

Richard menambahkan, terkait perizinan atlet, akan dipercepat semua supaya semua event dan kegiatan olahraga dapat berlangsung dengan baik dan mendukung kemajuan olahraga Indonesia. 

"Termasuk adanya cabor olahraga baru yang masuk ranah profesional seperti MMA dan semua. Kita tetap merangkul mereka sekaligus menerapkan aturan yang ada di negara kita misalnya para atletnya terlindungi melalui asuransi dan sebagainya," kata dia.


(ROS)