Kembali Digelar, Rhino X-Tri Incar Peserta Mancanegara

Rendy Renuki H    •    25 April 2018 22:17 WIB
triathlon
Kembali Digelar, Rhino X-Tri Incar Peserta Mancanegara
Jumpa pers Rhino X-Tri 2018 (Ist)

Jakarta: Ajang olahraga triathlon pertama di Indonesia, Rhino Cross Triathlon (X-Tri) akan kembali digelar untuk kali kedua pada 29 - 30 September mendatang di Tanjung Lesung, Banten. Kali ini, lomba yang mempertandingkan cabang renang, bersepada, dan lari itu mengincar peserta mancanegara.

Targetnya, peserta yang berasal dari Asia dan sekitarnya. Demi memikat animo atlet triathlon mancanegara, Rhino X-Tri pun membuat sejumlah terobosan baru yakni jarak tempuh yang dibuat lebih panjang dan menantang.

Rhino X-Tri digelar dalam tiga kategori yaitu Eagle yang akan mempertandingkan nomor renang 1500 meter, balap sepeda 30 kilometer dan lari 15 kilometer. Sementara kategori Rhino melombakan nomor renang 1000 meter, balap sepeda 20 kilometer dan lari 10 kilometer. Serta kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer dan lari 5 kilometer.

Klik: Tunggal Putra Punya Dua Wakil di Babak Kedua


"Tahun 2017 itu kita memang mengedukasi terlebih dahulu olahraga cross triathlon. Jarak yang pendek tahun lalu agar para peserta tidak kapok dan takut datang ke Rhino X-Tri, karena kebanyakan masih pemula," ujarnya saat jumpa pers, Rabu (25/4).

Sementara, Managing Director Banten West Java Tourism Development, Fachrully F Lasahido, sang tuan rumah, membeberkan alasan menargetkan pesera mancanegara. Ia ingin membawa ajang ini ke dalam rangkaian kalender event Asua Trail Masters 2020 macam Singapura Triathlon dan Beijing Triathlon.

"Peserta yang mendaftar sejauh ini sudah 100 orang. Kita satu-satunya ajang triathlon di Indonesia bekerjasama dengan Kuai Sports, sebuah konsultan event yang memiliki peran strategis dalam mempromosikan event kita di luar negeri," kata Rully.

Registrasi peserta akan resmi dibuka saat peluncuran Rhino X-Tri yang rencananya akan dihelat pada 12–13 Mei mendatang di Tanjung Lesung. Selain itu, pendaftaran peserta juga dibuka secara daring di situs resmi Rhino X-Tri.

 


(REN)