Jelang Asian Games 2018

Promosikan Asian Games, Lomba Lari Digelar di Pegunungan Himalaya

Krisna Octavianus    •    06 April 2018 23:58 WIB
olah ragaasian games 2018
Promosikan Asian Games, Lomba Lari Digelar di Pegunungan Himalaya
Ilustrasi (Istimewa)

Bhutan: Promosi Asian Games 2018 dilakukan sampai ke pegunungan Himalaya. Bhutan, negara yang terletak di kaki pegunungan Himalaya rencananya atas prakarsa Komite Olimpiade Asia (OCA) akan menggelar OCA Fun Run Series, kegiatan lomba yang mempromosikan Asian Games ke-18 di Indonesia.

Bertempat di kota bersejarah Punakha, OCA Fun Run ke-11 ini akan dilaksanakan pada Sabtu 7 April.

"Pelaksanaan OCA Fun Run ini bersamaan dengan Olympic Day. Akan ada 1.000 anak-anak yang bergabung di kegiatan ini. Ajang ini akan berlangsung meriah," ucap Sonam Tshering, Sekretaris Jenderal Bhutan Olympic Committee (BOC) dalam konferensi pers yang digelar di Thimphu, Bhutan, Jumat (6/4/2018).

Manajer Media OCA Jeans Jian Zhou juga menyampaikan hal yang sama. "Kami sangat yakin acara besok akan meriah dan penuh warna. Sebagai perwakilan OCA, saya mengucapkan terima kasih kepada BOC yang mau menerima undangan kami untuk menggelar fun run," tutur Zhou.

Beberapa atlet nasional Bhutan bakal mengikuti fun run. Sebagai informasi, fun run ini merupakan program yang telah dibuat OCA sejak 2006. Selanjutnya, OCA Fun Run akan dilaksanakan di Nepal pada 7 Mei.

Sebelumnya, OCA Fun Run Series telah digelar beberapa negara. Antara lain di Pakistan, Uni Emirat Arab, Vietnam, dan Malaysia.

Rencananya, fun run Asian Games 2018 akan menyapa 30 negara di Asia untuk semakin menggaungkan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang. Negara-negara di Asia Tengah menjadi tujuan berikutnya, antara lain Kazakstan dan Tajikistan. Pelaksanaan OCA Fun Run ini juga sesuai dengan yang disampaikan oleh Wissam Trkmani, yang mewakili OCA.

"Program ini untuk Asian Games dan Asian Games bukan hanya soal meraih medali, tapi soal persahabatan," kata Trkman.

Promosi Asian Games 2018 oleh OCA ini berjalan bersama dengan persiapan Indonesia yang telah masuk dalam tahap akhir.

"Indonesia kedua kalinya menggelar Asian Games dan persiapan kami sudah di tahap final," kata Ratna Irsana, Vice Director Media PR and Relation Inasgoc yang menjadi perwakilan Inasgoc di Bhutan.


(RIZ)