PON 2016 Jawa Barat

Usai Rebut Medali Emas, Judoka Teni Langsung Pensiun

Roni Kurniawan    •    17 September 2016 07:54 WIB
pon 2016
Usai Rebut Medali Emas, Judoka Teni Langsung Pensiun
Teni Anggraeni. (Foto: Mtvn/ Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Judoka Jawa Barat, Teni Anggraeni memutuskan untuk langsung pensiun setelah berhasil meraih medali emas dari kelas -63 kilogram cabang olahraga Judo dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat.

Teni berhak meraih medali emas pada kelas -63 kg usai menumbangkan judoka DKI Jakarta, Yona Luvitalice di partai puncak pada Jumat 16 September malam. Cedera lutut dan pinggang yang dialaminya sejak beberapa tahun silam, memaksa Teni harus mengakhiri karirnya sebagai atlet Judo.

"Cederanya udah parah banget, ini udah memaksa untuk Jabar dan ini yang terakhir. Cedera lutut udah lama kalau pinggang satu tahunan," kata Teni usai pengalungan medali di GOR Saparua, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/9/2016) malam.

Baca: Atlet Papua Ini Bakal Gunakan Bonus untuk Kuliah ke Luar Negeri

Teni mengatakan, cedera yang dialami secara medis sudah tidak bisa lagi dipulihkan kecuali dengan melakukan operasi. Pasalnya, Teni harus mengganti tulang besi pada bagian lutut dan sangat riskan jika masih terus memaksakan untuk tetap menggeluti olahraga tersebut.

"Kata tim medis, cederanya sudah tidak bisa dipulihkan, harus dioperasi, jadinya saya tidak memaksa untuk mengganti tulang besi," ujarnya.

Meski mengalami cedera yang parah, Teni tetap bersireas untuk tampil di PON pada tahun ini. Dan hasilnya, Teni berhasil mempersembahkan medali emas terakhirnya bagi Jabar sebelum memutuskan pensiun.

Hasil tersebut diakui Teni untuk menebus kekecewaannya karena tidak tampil pada PON 2012 silam di Riau. Apalagi, saat ini Jabar menjadi tuan rumah.

Baca: Hari Pertama Cabor Selam, Sejumlah Rekor Tercipta

"Karena waktu itu di Riau saya tidak turun, jadi sekarang yang terakhir saya paksakan karena kami tuan rumah. Dan bersyukur dapat medali emas," urainya.

Sepanjang keikutsertaannya di ajang PON, Teni sudah meraih tiga medali emas di kelas -63 kg. Selain didapat di Jabar tahun ini, dua medali emas lainnya diraih saat pada PON 2004 di Palembang dan PON 2008 Kalimantan Timur.

"Dedikasi untuk Jawa Barat dan keluarga saya. Biar tidak sia-sia pengorbanan saya ninggalin keluarga, saya lupakan sakitnya," ujar atlet berusia 32 tahun ini.

Video: Tim Futsal Jabar Bekuk Papua Barat 4-0

 


(ASM)

Jadwal Pertandingan Semifinal Bulu Tangkis Hari Ini
PON 2016 Cabang Bulu Tangkis

Jadwal Pertandingan Semifinal Bulu Tangkis Hari Ini

18 minutes Ago

Sebanyak 20 atlet akan bertanding untuk memperebutkan tiket final cabor bulu tangkis perorangan…

BERITA LAINNYA