Jelang Asian Games 2018

Persiapan Sudah 80%, Venue Asian Games Ditargetkan Rampung Akhir 2017

A. Firdaus    •    19 September 2017 23:56 WIB
asian games 2018
Persiapan Sudah 80%, Venue Asian Games Ditargetkan Rampung Akhir 2017
Suasana renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai persiapan menggelar Asian Games 2018 (Foto: AFP PHOTO / ADEK BERRY)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberikan nada optimis terkait pembangunan fisik venue Asian Games 2017. Mereka menyebut rata-rata venue yang akan digunakan telah mencapai 80 persen kesiapannya.

Selain menyoal kesiapan para atlet untuk bisa mencetak prestasi di Tanah Air, Indonesia juga dipertaruhkan nama besarnya melalui kesiapan sebagai tuan rumah. Terutama mengenai venue-venue yang akan digunakan.

Sejauh ini, Kementerian PU PERA menjamin bahwa pembangunan venue-venue akan selesai pada Desember 2017 mendatang. Termasuk wisma atlet yang ada di Kemayoran.
 

Baca: Indonesia Terus Dikuntit Malaysia, Vietnam Geser Thailand


"Semua harus selesai akhir tahun 2017. Apalagi nanti ada test event pada Februari mendatang," ujar Perwakilan Kementerian PU PERA, Imam Santoso Hernawi saat menghadiri diskusi terkait Semangat Menuju Asian Games, di Aula Kemenpora. 

"Sebanyak 10 tower di Kemayoran untuk wisma atlet kurang lebih 98 persen, Oktober sudah selesai. Nanti ada 32 lantai dan akan ada percepatan," sambungnya.

Lebih lanjut Imam menyebut kalau saat ini sedang mengawal proses ketujuh kelompok yang masuk finalisasi, termasuk panahan, hoki, dan lapangan bola ABC di Gelora Bung Karno.
 

Baca juga: Satlak Prima Tetapkan Kriteria Atlet Pelatnas Asian Games 2018


"Sementara lima paket lainnya baru mencapai 64 persen. Kebanyakan semua venue itu berada di luar Jakarta dan Palembang. Dan cabor yang membutuhkan biasanya perlu venue alam seperti panjat tebing," tegasnya.

Selain itu kawasan di area tersebut juga akan menjadi ruang publik dan saat ini telah mencapai 32 persen pembangunannya.

Video: Mark Beaumont Pecahkan Rekor Keliling Dunia Naik Sepeda



(ACF)