Asian Para Games 2018

Venue Asian Para Games 2018 Belum Penuhi Standar

Rendy Renuki H    •    07 Agustus 2017 15:43 WIB
olahraga
Venue Asian Para Games 2018 Belum Penuhi Standar
Presiden INAPGOC, Raja Sapta Oktohari. (Foto: Metrotvnews.com/Rendy Renuki)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden INAPGOC (Indonesia Asian Para Games Organizing Committee) Raja Sapta Oktohari meninjau kesiapan venue Asian Para Games di Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin 7 Agustus. Ia menyebut venue Asian Para Games belum memenuhi standar, meski dianggapnya sudah ramah disabilitas.

Okto melakukan tinjauan mulai dari SUGBK, Istora Senayan, venue Aquatic, dan basket. Okto menyebut hasil dari kunjungan itu akan menjadi bahan utama untuk berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam pemenuhan fasilitas yang dibutuhkan, mengingat waktu persiapan semakin sempit. 

"Persiapan venue APG memang belum maksinal karena sejak awal semua yang kita kunjungi baru menyiapkan Asian Games belum spesifik untuk APG," kata Okto usai tinjauan venue kepada Metrotvnews.com, Senin (7/8/2017). 

Baca: Presiden Jokowi Menanti Lagu Indonesia Raya Berkumandang di SEA Games 2017


Dijelaskan Okto, khusus untuk SUGBK, perlu adanya treatment khusus salah satunya akses atlet difabel yang terkendala kecilnya pintu lift yang tersedia. Ukuran lebar lift disebut Okto hanya sekitar 80cm dan hanya cukup untuk satu kursi roda. 


Meninjau venue Asian Para Games. (Foto: Metrotvnews.com/Rendy Renuki)

"Ada beberapa (fasilitas) yang perlu disempurnakan untuk memberikan pelayanan yang terbaik supaya orang-orang yang datang punya kesan khusus terhadap Indonesia," jelas Okto.

Baca: Jangan Ada Lagi Poin Tambahan untuk Ferrari


"Setelah ini kami akan bersurat ke pihak terkait, Kemenpora dan Kemen PU-PR. Kami harus tetap kritis dan banyak tanya juga keluhan karena kami bukan hanya menyelenggarakan acara tapi juga memastikan Indonesia tidak dicemooh negara lain,"tutur Okto.

"Kami menyadari ini bukan keahlian saya. Tugas kami di INAPGOC kami bisa memberikan pelayanan yang terbaik," tegas Okto.

Video: Indonesia Raih Satu Gelar di Selandia Baru Open 2017



(ASM)