Road to Asian Games 2018

Menangi Test Event di Cikole, Atlet Non-Pelatnas Ini Berharap Tampil di Asian Games

A. Firdaus    •    07 September 2017 12:16 WIB
asian games 2018
Menangi Test Event di Cikole, Atlet Non-Pelatnas Ini Berharap Tampil di Asian Games
Juara 1,2,3 Test Event Sport Climbing nomor Speed World Record Putra. Wira Hutanianto (Sumsel) medali emas, medali perak oleh Alvian M. Fajri dan medali perunggu oleh Fajri Ashari. (Foto: MTVN/A. Firdaus)

Metrotvnews.com, Bandung: Sport Climbing atau panjat tebing menjadi cabang olahraga yang mulai dipertandingkan test event-nya. Gelaran tersebut berlangsung di Cikole, Bandung Barat, Jawa Barat, 6 hingga 10 September.

Ada sepuluh nomor putra dan putri yang dimainkan. Antara lain, nomor Lead, Boulder, Speed World Record, Speed Classic dan Speed World Record Team (Relay) putra dan putri.
 
Pada hari pertama 6 September kemarin diselenggarakannya test event climbing ini yang mempertandingkan nomor bergengsi Speed World Record, juara pertama putra dimenangkan Wira Hutanianto (Sumsel), medali perak oleh Alvian M. Fajri dan medali perunggu oleh Fajri Ashari. 

“Hasil speed world record ini cukup memuaskan karena sesuai dengan target saya yaitu emas. Sebelumnya saya sudah mempersiapkan pertandingan ini dengan giat berlatih. Meskipun bukan atlet pelatnas, tetapi saya berharap dapat ikut bertanding di Asian Games 2018,” komentar Wira Hutanianto yang merupakan unggulan kedua. 

Baca: Test Event Sport Climbing di Cikole hanya Diikuti Atlet Nasional


Sedangkan untuk kategori putri, tiga atlet Jawa Tengah menguasai podium. Agustina Sari mendapatkan medali emas, Defi Rahmiati (Perak) dan medali perunggu dimenangkan Berthdigna Devi SK.
 
"Saat pertandingan ternyata base stamp-nya 832 berbeda saat latihan yaitu 830. Tapi Alhamdulillah saya bisa memenuhi target saya untuk nomor ini,” ucap Agustina unggulan pertama.
 

Baca: Menpora Siapkan Anggaran Khusus untuk 20 Cabor Prioritas


Dalam test event sport climbing ini hanya diikuti atlet nasional. Total sebanyak 107 peserta terdiri dari 66 putra dan 41 putri berasal dari 16 provinsi di Indonesia mengikuti tes event ini. 

Jadwal Hari Kedua Kamis, 7 September 2017

08.30 -11.00: Women Lead qualification R1 + R2 + Men Boulder Qualification
12.30-1430: Speed Relay World Record final (Men&Women)

Video: Banding Kasus Doping Enam Atlet PON Ditolak



(ASM)