Tour de Makassar 2016

Pembalap Prancis Memenangkan Etape 1 Tour de Makassar

   •    12 November 2016 00:02 WIB
olahragabalap sepeda
Pembalap Prancis Memenangkan Etape 1 Tour de Makassar
Ilustrasi (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Bone: Pembalap asal Prancis Pouly Peter mencatatkan dirinya sebagai yang tercepat di etape pertama Tour de Makassar setelah sampai paling awal di garis finis di Lapangan Merdeka Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Jumat 11 November 2016.

Pouly Peter berhak menerima Yellow Jersey sebagai sang raja etape pertama setelah menempuh waktu tercepat 4 jam 14 menit 33 detik.

"Jalur etape pertama ini sungguh menyenangkan dengan adanya jalur tanjakan yang cukup ekstrim, spot alam juga sangat indah meskipun agak sedikit panas," ujar Pouly Peter usai perayaan kemenangannya.

Pembalap yang tergabung dalam tim asal Thailand, Singha Infinite Team, ini mampu menaklukkan jalur Makassar-Maros-Bone yang berjarak 176,3 kilometer.

Disusul kemudian oleh pembalap atau rekan satu tim dan negara, Desriac Loic, dengan waktu tempuh 4 jam 16 menit.

Baca juga: Satlak Prima: Kondisi Atlet PascaPON Menurun

Sedangkan di posisi ketiga diisi pembalap Indonesia yang tergabung dalam KFC Jakarta Team, Agung Alisahbana mencatatkan prestasi tersendiri yang hanya terpaut dua menit dari posisi kedua.

Khusus etape pertama, termasuk jalur tersulit karena terdapat tiga jalur sprint dan empat tanjakan.

Kategori juara pun tak hanya yang tercepat secara umum. Penyelenggara juga menilai kategori juara atau yang tercepat khusus pembalap Indonesia dan kategori tercepat untuk jalur sprint serta tanjakan.

Untuk kategori tercepat di jalur sprint dimenangkan oleh Robin Manulang, pembalap tim nasional Indonesia. Robin berhak atas penghargaan Green Jersey.

Sedangkan King Of Mountain atau pembalap tercepat di kategori tanjakan yakni Hari Fitrianto dari tim Blackink. Terakhir, untuk kategori pembalap Indonesia tercepat dan berhak mengenakan Jersey Merah Putih, yakni Agung Alisahbana.

Tour de Makassar resmi dibuka, Jumat pagi, di anjungan Pantai Losari Makassar. Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang, didampingi Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, didaulat membuka secara resmi ditandai dengan mengangkat bendera start.

Start ceremony dimulai dari anjungan Losari hingga Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, tepatnya depan Kampus STIMIK Dipanegara.

Sebanyak 72 pembalap dan 13 tim, mengikuti etape pertama untuk Etape pertama Makassar-Bone, dan start lomba pada pukul 07.30 Wita. Selanjutnya hari kedua pembalap akan menuju Parepare. Di hari ketiga atau etape ketiga pembalap akan menyusuri jalur pesisir, Parepare-Makassar.(ant)

Video: Alfred Riedl Fokus Benahi Pertahanan dan Strategi Timnas
 


(RIZ)