Peparnas XV

Medali Emas Pertama Peparnas Diprediksi dari Cabor Atletik

   •    14 Oktober 2016 18:12 WIB
olah raga
Medali Emas Pertama Peparnas Diprediksi dari Cabor Atletik
Istimewa

Metrotvnews.com, Bandung: Medali emas pertama Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat hadir dari cabang olahraga atletik atau renang yang dipertandingkan, Minggu 16 Oktober 2016 lusa.

"Emas pertama diprediksi dari atletik atau renang yang akan menggelar final pada Minggu pagi. Tapi tergantung dari mana yang lebih awal," kata juru bicara Peparnas XV/2016 Jabar Dani Ramdhan di Bandung, Jumat (14/10/2016).   

Berdasarkan jadwal, pertandingan pertama cabang itu yang dikeluarkan oleh Bidang Pertandingan PB Peparnas 2016 Jabar untuk nomor pertandingan lari 5.000 meter kelas T+54 disabilitas tuna rungu wicara putra, yang akan dipertandingkan mulai pukul 07.30 WIB di lintasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Sedangkan nomor lainnya yang digelar Minggu pagi adalah lompat jauh kelas F11 dan F12 tuna netra putra. Ketiga nomor yang digelar pertama kali itu langsung mempertandingkan babak final.

Baca juga: Sebanyak 1.200 Undangan Disebar untuk Pembukaan Peparnas 2016

Sementara itu, cabang renang yang digelar di Kolam Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) juga akan mengawali pertandingan final pada Minggu pagi sehingga diprediksi juga menjadi medali emas pertama Peparnas.

Cabang atletik akan mempertandingkan 133 nomor pertandingan putra dan 85 nomor putri. Sedangkan cabang renang mempertandingkan 102 nomor putra dan 58 nomor putri.

Kedua cabang akan menggelar pertandingan pada 16-23 Oktober 2016. Pertandingan cabang atletik Peparnas digelar di lintasan atletik Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), yang sebelumnya juga diwacanakan untuk pertandingan atletik PON.

Namun nomor atletik pertandingan PON akhirnya digelar di Stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor. Sehingga para atlet atletik Peparnas, merupakan atlet pertama yang menggunakan fasilitas lintasan atletik Stadion GLBA yang merupakan stadion termegah di Jawa Barat itu.

Sementara itu, seluruh atlet cabang olahraga atletik menginap di Hotel Ibis Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung.

"Saya sudah mencoba lintasan atletik di Stadion GBLA, cukup representatif, tapi lokasinya sangat jauh," kata Ernest, salah seorang atlet atletik Kontingen Peparnas Maluku.

Venue cabang atletik merupakan salah satu cabang olahraga terjauh, namun lokasinya di Gedebage dan masih di Kota Bandung.

Peraturan perlombaan atletik Peparnas berpedoman pada IPC Athletic Rules dan peraturan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) yang disesuaikan dengan klasifikasi disabilitas sesuai peraturan yang telah ditentukan oleh tim klasifikasi.

Klasifikasi yang dilombakan adalah tuna daksa, tuna netra, tuna grahita dan tuna rungu wicara.(ant)
 
Video: NTB Beri Bonus Atlet Peraih Medali PON 2016


(RIZ)