Asian Para Games 2018

Sebelum Atlet Pulang, Menpora Kunjungi Wisma Atlet

Gervin Nathaniel Purba    •    14 Oktober 2018 17:14 WIB
berita kemenpora
Sebelum Atlet Pulang, Menpora Kunjungi Wisma Atlet
Menpora Imam Nahrawi (Foto:Dok.Kemenpora)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengunjungi wisma atlet, tempat kontingen Indonesia menginap selama Asian Para Games 2018 berlangsung.

Menpora berkunjung pada Sabtu, 13 Oktober malam hingga Minggu, 14 Oktober dini hari. Cak Imam, biasa dia disapa, ingin menyapa para atlet sebelum mereka pulang ke daerah masing-masing. Dia menyemangati para atlet agar terus mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Melihat kedatangan Menpora, Subhan, atlet bulu tangkis kategori WH1 single dan double, sangat senang. Subhan mengaku bangga kepada Cak Imam karena sangat peduli dan perhatian terhadap atlet.

"Senang dengan kedatangan Menpora. Beliau peduli dan sangat perhatian, sampai malam melihat atlet. Untuk Asian Para Games ini, saya belum bisa memberikan medali. Beliau terus menyemangati kita,” kata pria Asal Banten ini.

Hal yang sama diutarakan Tegar. Atlet cabang olahraga boccia berusia 24 tahun ini mengaku senang karena Menpora sangat dekat dengan para atlet.

“Senang, karena Pak Imam dekat sama kita dan sering ketemu. Kita harap olahraga boccia mendapatkan perhatian dan terus didukung,” kata pria asal Jawa Tengah itu.

Asian Para Games 2018 telah usai. Indonesia berhasil melampaui target pemerintah dengan finish di tempat kelima. Total, Indonesia meraih 135 medali yaitu 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu.

Medali emas terbanyak Indonesia dipersembahkan cabang olahraga catur dengan torehan 11 emas. Medali terbanyak disumbangkan cabang olahraga atletik dengan total 28 medali. Rinciannya, enam emas, 12 perak, dan 10 perunggu.

Sementara itu, Tiongkok menjadi juara umum dengan mengumpulkan total medali sebanyak 319 keping. Jumlah medali tersebut terdiri atas 172 emas, 88 perak, dan 59 perunggu. Pundi medali terbanyak Tiongkok diperoleh dari cabang olahraga para atletik dengan 56 medali emas, 32 perak, dan 16 perunggu.


(ROS)