Kaleidoskop Olahraga 2017

Maret: Pelatih Renang Legendaris Indonesia Radja Nasution Wafat

Riyan Ferdianto    •    23 Desember 2017 12:19 WIB
kaleidoskop 2017
Maret: Pelatih Renang Legendaris Indonesia Radja Nasution Wafat
Radja Nasution saat mengunjungi Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa (Foto: ANTARA FOTO/Saptono)

Jakarta: Berita olahraga di bulan Maret 2017 dikagetkan dengan kabar meninggalnya pelatih renang legendaris Indonesia, Radja Nasution, pada Kamis 2 Maret 09.30 WIB. Beliau menghembuskan nafas terkhir di usia 66 tahun. 

Radja Nasution adalah salah satu pelatih renang terbaik yang dimiliki oleh Indonesia pada era 1980-an sampai 1990-an. Almarhum meninggal di rumahnya, Bumi Bintaro Permai, Tangerang Selatan dan dimakamkan di Tanah Kusir siang ini.

Radja Nasution diketahui mengidap penyakit diabetes. Bahkan, kakinya sampai diamputasi karena penyakit tersebut. Akan tetapi, hal itu tak menyurutkan semangatnya untuk mencetak perenang-perenang terbaik Indonesia.

Tangan dingin Sang "Radja" dibuktikan dengan menjadikan putra-putrinya sebagai perenang top di Indonesia. Mereka adalah Elsa Manora, Elfira Rosa, Maya Masita, Kevin Rose, dan Mohammad Akbar.

Berikut kejadian menarik di olahraga selama Maret 2017 yang berhasil kami rangkum:

2 Maret 
Indonesia kembali kehilangan salah satu putra terbaik mereka dari olahraga, kali ini dari cabang renang. Salah satu "Raja Kolam Renang" Indonesia, Radja Nasution wafat pada Kamis 2 Maret 09.30 WIB. (baca selengkapnya di sini)

5 Maret 
Petenis peringkat satu dunia Andy Murray memenangi gelar pertamanya pada tahun 2017. Kemenangan itu ditandai usai menjuarai Kejuaraan Tenis Dubai dengan mengalahkan Fernando Verdasco 6-3 dan 6-2, Sabtu 4 Maret waktu setempat. (baca selengkapnya di sini


7 Maret
Tepat pada hari ini, 7 Maret 1987, Tyson mengukir prestasi anyar. Ya, ia menjadi juara dunia kelas berat versi WBA usai menyudahi perlawanan James 'Bonecrusher' Smith. (baca selengkapnya di sini)

11 Maret 
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil menaklukkan Chai Biao/Hong Wei pada perempat final All England Open 2017, Sabtu 11 Maret dini hari WIB. Kemenangan itu menjadikan Kevin/Marcus sebagai satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke semifinal. (baca selengkapnya disini)

John Surtees, satu-satunya orang yang bisa menjuarai MotoGP (GP 500) dan Formula 1 meninggal dunia pada usia 83, Jumat 10 Maret dini hari WIB. Surtees menjadi sangat terkenal karena ia satu-satunya yang bisa menjuarai dua balapan motorsport terkemuka di dunia. (baca selengkapnya disini)

12 Maret 
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei keluar sebagai juara All England 2017. Ia menaklukkan wakil Tiongkok Shi Yuqi straight game 21 - 12 dan 21 - 10 pada babak final, Minggu 12 Maret. (baca selengkapnya di sini)

13 Maret
-Pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil menjuarai All England 2017. kemenangan Kevin/Marcus pun dipastikan dalam dua game saja. Mereka mengalahkan pasangan Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen, dengan skor 21-19 dan 21-14. (baca selengkapnya di sini)

-Presiden Indonesia, Joko Widodo mengutarakan kebanggannya atas prestasi  Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di ajang All England 2017. (baca selengkapnya disini)

15 Maret
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengadakan pertemuan jelang persiapan Asian Games 2018 secara tertutup di lantai 3 Graha Kemenpora, Rabu 15 Maret 2017. (baca selengkapnya disini)

17 Maret
Keberhasilan menjuarai ajang bergengsi sekelas All England 2017 memberikan dampak positif pada posisi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di daftar rangking BWF. Pasangan muda Indonesia itu kini resmi menyandang predikat ganda putra terbaik dunia. (baca selengkapnya di sini)

18 Maret 
Pembalap Indonesia Muhammad Sean Gelael menjalani debut sebagai test driver Toro Rosso di ajang Formula 1. Pembalap tim Pertamina Arden yang Didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia dijadwalkan mengemudikan mobil STR12 di Sirkuit Sakhir, Bahrain, pada Selasa (17/5) dan Rabu (18/5). (baca selengkapnya disini)

20 Maret 
Pemain NSH Jakarta, Gary Jacobs, memecahkan rekor poin terbanyak di Liga Bola Basket Indonesia (IBL). (baca selengkapnya di sini)

26 Maret 
Prestasi menawan diraih pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Yulfira Barkah/Meirisa Cindy Sahputri. Keduanya berhasil menjadi yang terbaik di ajang Polish Open 2017. (baca selengkapnya di sini)

27 Maret 
Tiga atlet Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa pada hari pertama kejuaraan Atletik Asia Tenggara usia Muda ke-12, Senin 27 Maret. Ketiga atlet tersebut meraih medali emas dari beberapa nomor yang dipertandingkan di City of Ilagan Sports Complex, Isabela, Filipina. (baca selengkapnya di sini)

29 Maret 
Sirkuit Internasional Chang terletak 400km dari ibu kota Thailand, Bangkok. Kesempatan untuk menjadi tuan rumah MotoGP memang sudah mereka incar sejak  dipercaya menggelar salah satu seri WorldSBK Championship pada 2015. (baca selengkapnya di sini)


 


(REN)