Pelatikan Ketua Umum Ikatan Pancak Silat Indonesia Periode 2016--2020

Untuk Kali Keempat, Prabowo Dilantik sebagai Ketum IPSI

A. Firdaus    •    22 Mei 2017 15:44 WIB
pencak silat
Untuk Kali Keempat, Prabowo Dilantik sebagai Ketum IPSI
Ketum Koni Pusat Tono Suratman (kiri) resmi melantik Prabowo Subianto sebagai Ketum IPSI periode 2016--2020 di Jakarta, Senin 22 Mei 2017. (Foto: MTVN/A.Firdaus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Tono Suratman resmi melantik Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) periode 2016--2020 di Jakarta. 

Sebenarnya, pelantikan ini bukan momen baru buat Prabowo. Pria yang juga menjabat sebagai ketua umum Partai Gerindra ini telah mengisi kursi Ketum IPSI sejak 2004 silam. Kemudian ia terpilih lagi menjadi Ketum selama tiga periode. Jadi masa bakti 2016--2020 merupakan periode keempatnya sebagai Ketum IPSI. 

Terpilihnya Prabowo sebetulnya sudah diresmikan pada acara Musyawarah Nasional IPSI XVI, Sabtu 4 Desember silam. Akan tetapi ia baru resmi dilantik oleh KONI pada Senin 22 Mei, yang bertepatan dengan syukuran ulang tahun ke-69 IPSI. 

"Terima kasih telah kembali melantik kami. Sebuah kehormatan buat kami dan kami juga sadar akan pentingnya tanggung jawab dalam pembinaan pencak silat. Sebab pencak silat ini bukan hanya olahraga, melainkan warisan budaya nenek moyang dan bagian dari jati diri kita," ujar Prabowo.
 

Baca: Enam Cabor jadi Andalan Indonesia di SEA Games 2017


Lebih lanjut, Prabowo menekankan pentingnya agar pencak silat mendapat dukungan yang lebih besar dari pemerintah. Sebab olahraga ini merupakan bagian dari jati diri bangsa Indonesia.

"Kami selalu berharap dukungan dari pemerintah. Dukungan yang lebih besar lagi, karena olahraga pencak silat ini menyangkut harga diri bangsa Indonesia," sambungnya.

Sementara itu Tono Suratman mengaku bangga terhadap prestasi IPSI selama ini. Sebab olahraga bela diri ini selalu berada di posisi terhormat ketika ikut di kejuaraan internasional.
 

Baca juga: Pencak Silat Ditargetkan Masuk Olimpiade 2024


"Prestasi olahraga pencak silat sangat membanggakan. Di kejuaraan dunia mereka selalu di posisi terhormat. Bukti yang paling terbaru adalah pada kejuaraan dunia di Belgia," terang Tono.

Pada kejuaraan dunia di Belgia yang berlangsung pada 6-7 Mei 2017, pencak silat Indonesia menyabet gelar juara umum dengan raihan tujuh medali emas, satu perak, dan enam perunggu.

Video: ?500 Pejudo Ikuti Kejurnas Judo di Bandung
 


(ACF)