ASEAN Paragames 2017

Kemenpora Pastikan Alat untuk ASEAN Paragames Sudah Siap

Krisna Octavianus    •    06 September 2017 22:39 WIB
sea games 2017
Kemenpora Pastikan Alat untuk ASEAN Paragames Sudah Siap
Gatot S. Dewa Broto saat berkunjung ke kantor Media Indonesia di Kedoya, Jakarta, Rabu (6/5/2016). (Foto: MI/ANGGA YUNIAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menegaskan sebagian besar peralatan untuk ASEAN Paragames 2017 Malaysia 17-23 September sudah siap. Semuanya tinggal didistribusikan sebelum atlet bertolak menuju Negeri Jiran.

Sebelumnya, peralatan untuk ASEAN Paragames menjadi permasalahan karena 11 hari jelang berlangsungnya acara, peralatan masih belum ada. Akan tetapi, Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mengaku semua alat sudah siap tinggal dikirim saja kepada para atlet.

BACA: Nasib 8 Atlet yang Mengajukan Banding ke Dewan Anti-Doping Nasional

"Memang benar. Peralatan sebagian besar sudah ada di gudang. Tinggal pengiriman saja," kata Sesmenpora Gatot S Dewa Broto di sela pengumuman vonis banding doping di media center Kemenpora, Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Menurut dia, saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pejabat pembuat komitmen (PPK) Chandra Bhakti demi memperlancar semua kebutuhan bagi atlet yang turun di ASEAN Paragames 2017.

"Sabtu (9/9) peralatan termasuk seragam harus diterima karena pada tanggal 12 akan dilepas oleh Menpora," kata mantan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora itu.

Saat ini atlet difabel dibawah naungan National Paralympic Comitte (NPC) Indonesia ini menjalani pemusatan latihan di Solo, Jawa Tengah. Mereka merupakan atlet terbaik Tanah Air hasil seleksi dari beberapa kejuaraan termasuk Peparnas 2016 Jawa Barat.

Indonesia akan turun di 13 dari 15 cabang olahraga yang dipertandingkan. Target tinggi memang telah dicanangkan mengingat prestasi atlet Indonesia layak diunggulkan. Pada Asean Paragames 2013 mampu juara umum dan dua tahun berikutnya di Singapura menjadi runner-up.

Sedikitnya ada 200 atlet yang bakal diberangkatkan. Dari jumlah tersebut ada atlet balap sepeda yang pertama kali terlibat pada kejuaraan ini. Meski demikian, atlet yang bakal diturunkan sudah teruji di level internasional.
 
BACA: Pelatih Buka-bukaan Soal Kegagalan Lee Chong Wei di Kejuaraan Dunia

Pada Asean Paragames 2017, atlet Indonesia diharapkan mampu membuat prestasi yang membanggakan mengingat hasil kurang maksimal terjadi pada SEA Games. Indonesia harus puas finis di peringkat lima klasemen akhir hanya dengan 38 emas dari 55 yang ditargetkan. (ANT)

 


(KRS)