SEA Games 2017

Jangan Ada Lagi Walk Out di SEA Games 2017

Rendy Renuki H    •    22 Agustus 2017 17:04 WIB
sea games 2017
Jangan Ada Lagi Walk Out di SEA Games 2017
Gatod S Dewa Broto (Dok: MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berharap tak ada lagi atlet Indonesia melakukan walk out (WO) di ajang pertandingan SEA Games 2017 Malaysia.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Menpora Gatot S Dewa Broto, menanggapi keputusan WO tim sepak takraw putri, saat bertemu tim Malaysia, Ahad 20 Agustus lalu.

Saat itu, tim Indonesia merasa dicurangi wasit yang seperti memihak tuan rumah Malaysia, Tim sepak takraw putri yang sempat beberapa kali melayangkan protes, akhirnya memutuskan WO. Langkah diambil saat tim Indonesia unggul 16-10 di set kedua.

Baca juga: Panahan dan Wushu Sumbang Emas, Indonesia Naik ke Posisi Tiga

"Harapan kami kepada cabor (cabang olahraga) lain, jangan semudah itu melakukan WO. Karena harganya terlalu mahal buat Indonesia, meski kejadian sepak takraw bisa kami pahami," ucap Gatot, Selasa 22 Agustus 2017.

"Memang itu tidak dilarang (WO), tapi tidak direkomendasikan. Apapun cabornya tidak direkomendasikan untuk WO, jika memang merasa dicurangi," kata Gatot.

Baca juga: Juwita Niza Persembahkan Emas untuk Indonesia

Pria jebolan Fakultas Hubungan Internasional UGM ini juga menilai, faktor tuan rumah yang diemban Malaysia otomatis berpengaruh kepada Indonesia. Apalagi hubungan kedua negara ASEAN itu kerap pasang surut.

"Tensi panas Indonesia-Malaysia memang berpengaruh di SEA Games ini. Seperti ada teori ilmu HI, yang mengatakan tetangga yang paling dekat bisa menjadi musuh potensial, tapi tetangga jauh bisa menjadi sahabat potensial," kata Gatot.

Video: Kalahkan Malaysia, Tim Panahan Indonesia Kembali Raih Emas
 


(RIZ)