test event akuatik

Triadi Tercepat di Test Event Akuatik, Siman Keempat

Gregah Nurikhsani Estuning    •    12 Desember 2017 09:22 WIB
asian games 2018
Triadi Tercepat di Test Event Akuatik, Siman Keempat
Triadi Fauzi Sidiq. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Jakarta: Triadi Fauzi Sidiq, perenang dari ESC Bandung meraih emas di nomor 100 meter Gaya Bebas Putra pada test event akuatik hari ketujuh. Sementara peraih emas SEA Games 2017, I Gede Siman Sudartawa harus puas menempati posisi keempat dengan perbedaan waktu nyaris dua detik dengan Triadi.

Triadi mencatatkan waktu 50,87 detik, disusul Putra M Randa dengan 52,24 detik dan Erick Ahmad dengan perolehan waktu 52,31 detik. Hasil ini disyukuri oleh perenang berusia 26 tahun yang mencuat usai meraih delapan medali emas di PON Jawa Barat 2016 silam.

ESC juga mendominasi test event pada Senin 11 Desember kemarin di nomor 200 meter Gaya Kupu-kupu. Ricky Anggawijaya menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 menit 03.43 detik, tipis saja di atas perenang Aquarius Bandung, Aflah Fadlan Prawira (2 menit 03.49).

Baca: Kevin/Marcus Sabet Gelar Pebulu Tangkis Putra Terbaik versi BWF


Millenium Jakarta yang diwakili Adityastha Rai berada di peringkat ketiga dan berhak atas medali perunggu dengan perolehan waktu 2 menit 05.86 detik.

Sementara di nomor 200 Meter Gaya Dada Putra, Cho Sung-jae dari Korea Selatan sukses menjadi perenang tercepat dengan catatan waktu 2 menit 18.68 detik. Gerdi Zulfitriano dari Millenium Jakarta menempati posisi kedua, disusul Aflah Fadlan yang finis di tempat ketiga.

Indonesia kembali gagal meraih emas di nomor 100 meter Gaya Bebas Putri. Perenang Singapura, Chan Marina berhasil menjadi yang tercepat, membelakangi Patrisia Yosita dari Millenium Surabaya dan Sagita Putri Krisdewanti dari TCS Semarang.

Baca: Rekor Pertemuan Marcus/Kevin vs Tiga Lawan di Grup A


Beruntung, Azzahra Permatahani yang membela Belibis Pekanbaru sukses mengantungi emas usai menjuarai nomor 200 Meter Gaya Kupu-kupu Putri. Adinda Larasati dari HIU Surabaya finis di posisi kedua, disusul oleh Adinda K Ningrum (Aquarius Bandung) di tempat ketiga.

Tambahan medali diperoleh Azzahra di nomor 200 Meter Gaya Dada Putri, dia berhak atas medali perunggu. Azzahra tertinggal sekitar 10 detik dari perenang Korea Selatan, Wang Hee-song yang sukses meraih emas. Sementaara rekan Azzahra, Anandia Treciel menempati posisi kedua.

Video: Siman Berjaya di 100 Meter Gaya Punggung dalam Test Event Asian Games


(ASM)