Kaleidoskop 2017

Agustus: Polemik Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games Hingga Duel Seru Mayweather & McGregor

Patrick Pinaria    •    26 Desember 2017 00:05 WIB
kaleidoskop 2017
Agustus: Polemik Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games Hingga Duel Seru Mayweather & McGregor
Foto bendera Indonesia terbalik. (Dok. Kemenpora)

Jakarta: Ajang SEA Games 2017 menjadi salah satu ajang olahraga yang menarik perhatian pada periode Agustus 2017. Semakin terasa menarik karena berbagai polemik dan prestasi pun tercatat dalam pesta olahraga paling bergengsi di Asia Tenggara itu.

Salah satu peristiwa yang menjadi menarik perhatian adalah kesalahan panitia SEA Games dalam menggambar bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games 2017. Dalam buku tersebut, mereka menggambarkan bendera Tanah Air secara terbalik dengan terlihat seperti bendera Polandia.

Baca: Juli: Kegagalan Pahit Manny Pacquiao di WBO dan Prestasi Muguruza-Federer di Wimbledon

Kesalahan itu rupanya diketahui Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Imam Nahrawi dalam acara pembukaan SEA Games 2017. 

Tak ingin masalah itu berlarut lebih panjang, Menpora Malaysia Khairy Jamaluddin pun langsung mengeluarkan permintaan maaf. Bahkan, ia mengajak Imam bertemu untuk menyampaikan permintaan maaf atas kesalahan yang dilakukan panitia SEA Games 2017.

Selain itu, kabar yang tidak kalah menarik perhatian adalah mengenai prestasi ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dalam ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis. Pada kejuaraan tersebut, mereka berhasil merebut gelar usai mengalahkan Tiongkok, Zheng Siwei/Chen Qingchen di babak final.

Berikut peristiwa menarik di dunia olahraga sepanjang Agustus 2017 yang sudah dirangkum Medcom.id:


Tanggal 4
Awan duka menyelimuti dunia MotoGP. Itu terjadi setelah Legenda MotoGP, Angel Nieto meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di Spanyol. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 14
Roger Federer gagal meraih gelar Piala Rogers 2017. Secara mengejutkan petenis Swiss tersebut harus menelan kekalahan dari Alexander Zverev di babak final. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 16
Indonesia mampu mengawali ajang SEA Games 2017 dengan baik. Mereka sukses memimpin klasemen usai sukses memperoleh medali dua emas lewat cabang olahraga panahan. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 17
Penampilan apik ditunjukkan tim nasional polo air putra Indonesia pada laga kedua SEA Games 2017, Kamis 17 Agustus. Sempat tertinggal 0-2 dari Thailand yang menjadi lawannya pada saat itu, timnas berhasil membalikkan keadaan dan menang dengan skor telak, 9-3. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 19
Seremoni pembukaan SEA Games 2017 menuai kekecewaan yang amat mendalam bagi Indonesia. Itu terjadi bukan karena jalannya acara seremoni yang buruk, namun ada kesalahan sepele yang cukup fatal, yakni terdapat kesalahan cetak bendera Indonesia oleh panitia SEA Games dalam buku panduan. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 20
Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin meminta maaf secara langsung kepada seluruh rakyat Indonesia setelah adanya adanya kesalahan cetak yang cukup fatal di buku souvenir SEA Games 2017 dari panitia pelaksana. Permintaan maaf Khairy kepada masyarakat Indonesia dilakukan secara simbolik dengan menemui Imam Nahrawi yang merupakan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 21
Felda Elvira Santoso, berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang SEA Games 2017. Itu ia lakukan setelah memainkan nomor daoshu putri dalam cabang olahraga (cabor) wushu. Ini juga merupakan ajang perdananya di SEA Games. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 21
Cabang renang sumbang medali emas di ajang SEA Games 2017, Senin 21 Agustus malam WIB. I Gede Siman Sudartawa berhasil menjadi penyumbang medali emas lewat nomor 50 meter gaya punggung putra. Kemenangannya tersebut juga membuatnya menciptakan rekor. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 24
Perenang andalan Indonesia, Triady Fauzi Sidiq akhirnya sukses menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2017, Malaysia. Keberhasilannya meraih emas makin terasa istimewa karena ia berhasil memecahkan rekor nasional. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 27
Conor McGregor menjadi korban ke-50 Floyd Mayweather Junior pada pertarungan tinju di T-Mobile Arena, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. McGregor dipukul TKO oleh Mayweather pada pertarungan di ronde ke-10. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 27
Floyd Mayweather Junior mengumumkan pensiun usai menumbangkan Conor McGregor. Petinju berjuluk "The Money" itu menegaskan ini adalah pertarungan terakhirnya di dunia tinju. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 28
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil merebut gelar juara dunia bulu tangkis 2017. Kepastian itu mereka dapatkan setelah mengalahkan unggulan pertama asal Tiongkok, Zheng Siwei/Chen Qingchen dalam laga tiga game yang ketat, Senin 28 Agustus. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 29
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie meraih medali emas di nomor perseorangan SEA Games 2017. Ia menundukkan wakil Thailand Khosit Phetpradab. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 30
SEA Games 2017 Malaysia resmi ditutup di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Perjuangan ribuan atlet dari 11 negara peserta akhirnya dinyatakan selesai. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 30
Seremoni penutupan SEA Games 2017 tidak semuanya membawa suka cita. Usai acara, terdapat beberapa pengunjung yang pingsan karena sesaknya antrean kendaraan pengangkut massa. (Selengkapnya klik di sini)


Video: Pembalap F1 Saling Bertukar Hadiah Natal

 


(PAT)